Mau Kuliahkan Anak ke Luar Negeri? Ikuti Strategi Berikut

redaksi.co.id - Mau Kuliahkan Anak ke Luar Negeri? Ikuti Strategi Berikut Ketika berbicara mengenai pendidikan, maka seringkali yang terbesit di benak kita adalah berbagai macam jurusan...

34 0

redaksi.co.id – Mau Kuliahkan Anak ke Luar Negeri? Ikuti Strategi Berikut

Ketika berbicara mengenai pendidikan, maka seringkali yang terbesit di benak kita adalah berbagai macam jurusan dan juga keahlian yang akan didapatkan nantinya dari pendidikan tersebut. Lebih tepatnya, kita akan memikirkan bangku kuliah sebagai jenjang pendidikan yang tertinggi dan wajib bagi anak-anak kita. Setiap orang tua menginginkan anaknya bisa duduk di bangku kuliah dan mengenyam pendidikan yang layak, bukan?

Mempersiapkan masa depan anak dan juga berbagai macam kebutuhannya merupakan hal yang selalu dilakukan oleh orang tua sejak dini, barangkali Anda juga. Pendidikan anak begitu penting, hingga tak jarang jika orang tua seperti Anda akan menginginkan sebuah kampus terbaik dan juga yang memiliki reputasi yang baik jugalah yang akan menjadi tempat anak menuntut ilmu. Alasan ini jugalah yang menjadi penyebab kenapa banyak orang tua yang menginginkan anaknya kuliah ke luar negeri dan mendapatkan pendidikan terbaik di sana, karena standar pendidikan kita tentu sudah berbeda dengan pendidikan di luar negeri, terutama negara-negara yang telah maju. Tidak heran jika pada akhirnya banyak orang tua yang memimpikan anaknya bisa kuliah di negara-negara tersebut dan mendapatkan sebuah pekerjaan yang baik setelah lulus dari sana.

tentu tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang, terutama jika hal tersebut telah dipersiapkan sejak dini dan dengan pertimbangan yang sangat matang. Dengan sebuah persiapan yang matang, maka segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar dan tujuan melanjutkan kuliah di negeri orang pun bisa didapatkan dengan maksimal. Sebagai orang tua, Anda tentu tidak ingin segala sesuatunya menjadi sia-sia bukan? Karena itu pertimbangkan dan terapkan beberapa langkah di bawah ini sebagai strategi dalam mempersiapkan anak kuliah ke luar negeri.

Perhatikan Kemampuan Anak viausnews.com

Hal utama yang paling penting untuk Anda ketahui dengan baik adalah mengenai kemampuan anak Anda sendiri, inilah poin utama yang wajib Anda cermati sebelum memikirkan berbagai hal lainnya. Anda tentu tidak ingin anak Anda kuliah di luar negeri dan berakhir dengan gelar Mahasiswa abadi atau tiba-tiba di-drop out dari kampusnya karena tidak mampu mengikuti perkuliahan dengan baik, bukan?

Pastikan anak Anda memiliki kemampuan akademik yang baik, atau setidaknya sesuai dengan standar rata-rata yang ditetapkan di negara tujuan pendidikannya kelak, jangan memaksakan diri jika memang tidak yakin akan hal ini sejak awal. Jangan lupa untuk membekalinya dengan bahasa yang cukup baik dan sesuai dengan negara tujuan pendidikannya, setidaknya bahasa Inggris yang cukup baik, agar di sana dia bisa dengan mudah berkomunikasi dan mengikuti pendidikannya dengan baik. Jika belum menguasai bahasa ini dengan baik, maka dapatkan les atau kelas bahasa khusus jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Penguasaan bahasa ini sangat penting, bukan hanya sebagai alat komunikasi semata, namun sebagai dasar dalam mengikuti perkuliahan juga.

Saat akan melepas anak kuliah ke luar negeri, maka akan sangat berbeda dengan melepasnya kuliah di kota lain atau provinsi lain di Indonesia. Jarak, biaya dan waktu tentu menjadi penghalang bagi Anda untuk selalu mengurus dan memenuhi segala kebutuhannya. Pastikan anak telah bisa mandiri dan mengurus segala sesuatunya dengan baik, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk melepasnya ke luar negeri. Bayangkan bagaimana jika anak Anda bahkan tidak mampu menyiapkan/membeli makanannya sendiri, siapa yang akan melakukan hal tersebut untuknya selama berada di negeri orang?

Jurusan yang Disukai Anak viacommonapp.org

Berkomunikasilah dengan baik pada anak, bicarakan mengenai jurusan serta keahlian yang akan dipelajarinya selama di sana. Berikan gambaran mengenai hal tersebut, termasuk mengenai peluang kerjanya di tengah-tegah masyarakat luas. Jangan sampai anak kuliah ke luar negeri, hanya untuk mendalami ilmu yang tidak memiliki daya serap yang baik di lapangan kerja nantinya.

Jurusan ini juga menjadi salah satu poin penting yang harus dipertimbangkan sejak awal, terutama jika Anda mewajibkan anak untuk kembali dan bekerja di dalam negeri nantinya. Artinya, carilah jurusan yang memang memiliki peluang kerja yang tinggi di Indonesia, agar ilmu tersebut tidak sia-sia dan bisa diaplikasikan di lapangan kerja.

Pertimbangkan dan persiapkan dengan baik yang akan dikeluarkan selama di sana. Informasi mengenai hal ini bisa didapatkan dengan mudah melalui situs pendidikan luar negeri, biasanya mereka akan memuat secara rinci berbagai biaya dan juga mengenai kebutuhan lainnya selama pendidikan.

Perhitungkan juga mengenai kenaikan biaya pendidikan yang mungkin saja terjadi, hal ini pada umumnya bisa dilakukan dengan cara membandingkan biaya kuliah selama beberapa tahun ke belakang. Dengan memperhitungkan kenaikan ini, maka Anda bisa mempersiapkan besaran biaya yang akan dibutuhkan selama kuliah, meskipun masa kuliah tersebut masih beberapa tahun ke depan.

Kebutuhan Selama Kuliah di Luar Negeri via hpac.com

Selain biaya kuliah, berbagai biaya lainnya juga patut untuk Anda perhitungkan sejak awal. Besaran biaya ini tentu akan bervariatif, tergantung gaya hidup dan juga kebiasaan dari anak Anda. Namun untuk informasi biaya standar yang dibutuhkan, biasanya bisa Anda dapatkan secara gratis melalui situs pendidikan luar negeri, di mana mereka akan menjabarkan dengan jelas mengenai segala biaya yang akan dikeluarkan selama kuliah nanti.

Pertimbangkan juga untuk membawa berbagai kebutuhan yang akan dibutuhkan di sana nantinya, seperti: jenis pakaian yang sesuai (tergantung pada musim), peralatan pendukung kuliah (laptop, alat tulis), obat-obatan tertentu yang mungkin akan dibutuhkan, dan berbagai kebutuhan lainnya yang sekiranya sulit didapatkan di sana.

Bukan sebuah hal yang mudah untuk bisa membiasakan diri dengan gaya hidup hemat, terutama bagi yang telah terbiasa dengan gaya hidup boros. Namun, pola hidup hemat ini bisa dilakukan dengan cara bertahap dengan cara memulainya dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Meski terbilang sulit, namun hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang menguntungkan dan menyenangkan untuk dilakukan. Mulailah dengan cara menghemat penggunaan listrik dan juga air pada saat berada di rumah. Lalu, bisa dilanjutkan dengan penghematan uang jajan dan juga uang pulsa bulanan. Tidak perlu terlalu berlebihan dalam berhemat, jika dilakukan terus-menerus hal ini akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Saat berada di luar negeri, ada banyak hal yang bisa dihemat, antara lain: membeli kartu/tiket berlangganan untuk menggunakan jasa transportasi umum selama berada di luar negeri, membiasakan diri untuk lebih hemat listrik dan juga tagihan telepon, dan berbagai kebiasaan lainnya.

Sesuaikan dengan Anggaran viamoneymanagement.org

Setelah semua perhitungan dan juga pertimbangan yang Anda lakukan, maka hal terakhir yang wajib Anda lakukan adalah menyesuaikan budget tersebut. Jangan lupa untuk memperhitungkan juga mengenai kenaikan kurs dalam hal ini, sebab jika anak kuliah di luar negeri, maka yang akan digunakan adalah mata uang asing.

Bukan hanya uang kuliahnya saja, namun berbagai kebutuhannya selama di sana juga harus Anda perhitungkan dalam satuan mata uang asing. Artinya, Anda harus mengkonversikan semua kebutuhan tersebut dengan mata uang asing yang akan digunakan selama berada di luar negeri. Jangan sampai Anda salah perhitungan dan mengalami kesulitan dalam memenuhinya berbagai kebutuhan tersebut di kemudian hari.

Dalam hal ini, Anda juga perlu mempertimbangkan jasa pengiriman uang yang akan digunakan nantinya. Pilih dan gunakan layanan pengiriman yang paling cepat, akurat, dan bisa dipercaya. Selain hal tersebut pertimbangkan juga masalah biaya pengiriman dan juga nilai tukar yang paling menguntungkan, karena besar kemungkinan Anda akan menggunakan mata uang lokal yang harus ditukarkan dengan mata uang asing pada saat pengiriman.

Meski anak masih akan kuliah dalam beberapa tahun ke depan, namun ada baiknya segala sesuatunya dipersiapkan sejak awal. Hal ini akan membantu Anda untuk memiliki waktu yang cukup panjang dalam mengatur dan juga menyediakan segala kebutuhannya selama kuliah di luar negeri. Besaran biaya yang Anda persiapkan tidak boleh melesat dari perhitungkan. Sebagai antisipasi, maka persiapkan juga sejumlah dana cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu jika terjadi masalah atau penurunan kurs yang berada di luar perkiraan.

(red/oudlon/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!