Salju Diperkirakan Turun di Pantai Timur Australia

redaksi.co.id - Salju Diperkirakan Turun di Pantai Timur Australia Sebagian wilayah Pantai Timur Australia diperkirakan akan bersalju Jumat (24/6) saat cuaca dingin terus membawa suhu rendah,...

24 0

redaksi.co.id – Salju Diperkirakan Turun di Pantai Timur Australia

Sebagian wilayah Pantai Timur Australia diperkirakan akan bersalju Jumat (24/6) saat cuaca dingin terus membawa suhu rendah, hujan dan angin yang berpotensi merusak.

Cuaca dingin diperkirakan akan melintasi bagian timur laut New South Wales hari ini, membawa angin dengan kecepatan hingga 90 km/jam ke wilayah Hunter dan hujan salju. Biro meteorologi setempat (BoM) memperkirakan hujan salju hingga 15 cm di daerah Central West, khususnya di Orange, Oberon, dan Blayney, dengan salju ringan di kawasan Blue Mountains.

Sydney akan berawan dengan suhu 17 derajat dan kecepatan angin hingga 50 km/jam. Katarina Kovacevic dari BoM menjelaskan cuaca dingin terus bergerak ke utara malam ini.

“Suhu dingin akan bergerak ke bagian utara, jadi diperkirakan akan bersalju hari ini di bagian utara dataran itu,” jelasnya.

Lembaga tanggap darurat SES memperingatkan hujan salju bisa mengganggu lalu-lintas khususnya di jalan Great Western Highway.

Canberra terus kedinginan sepanjang musim dingin ini dengan temperatur jatuh hingga di bawah 0 celcius pada Jumat pagi. Pada akhir pekan merkuri akan jatuh lebih rendah, dengan suhu -2 Celsius Sabtu dan -3 Celsius pada Ahad.

Tasmania juga diperkirakan akan hujan salju di Mount Wellington di Hobart di tengah cuaca dingin dengan suhu di Launceston jatuh hingga 1,6 C semalam.

Peramal cuaca Matthew Thomas mengatakan salju juga akan jatuh di wilayah lainnya. “Akan ada salju hingga 500 meter ke bawah (dari wilayah pegunungan), sehingga kita akan melihat salju di daerah sekitar Ferntree dan pastinya di pegunungan,” katanya.

Sejumlah jalan di wilayah Central Highlands terdampak salju tadi pagi dengan sebagian jalan di wilayah Highland Lakes, Lake Leake, Malborough dan Poatina hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat jenis four wheel drives.

Lembaga SES di Tasmania memperingatkan pengendara di wilayah timur laut untuk menghindari banjir setelah hujan deras kemarin. Peringatan banjir dengan tingkat sedang tetap berlaku di daerah South Esk River hari ini.

Di Adelaide juga kedinginan setelah kemarin mengalami hari paling dingin dalam empat tahun, dengan suhu hanya mencapai 12,6 Celsius. Kebanyakan wilayah di kota itu mengalami curah hujan 25 mililiter, sementara Macclesfield mencatat curah hujan lebih dari 43 mililiter.

Menurut BoM, ada kemungkinan kecil akan terjadi hujan es. Sementara itu, cuaca dingin di wilayah timur Victoria akan membuat negara bagian itu cerah Jumat pagi setelah diterpa salju di daerah Thredbo dan mengguyur Melbourne dengan hujan deras.

Suhu di Melbourne tidak akan lebih dari 13 derajat C hingga Selasa pekan depan, sementara kondisi serupa juga diperkirakan akan terjadi di Hobart dan Adelaide.

Suhu di Mt William di daerah Grampians mencapai -2,2C, sementara di Ben Nevis di Victoria barat mencapai 0,4. Di Ballarat suhu dingin mencapai 2,4 derajat C.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!