Laporan Pertandingan: Kroasia 0-1 Portugal (ET)

redaksi.co.id - Laporan Pertandingan: Kroasia 0-1 Portugal (ET) Dramatis, gol telat Ricardo Quaresma di babak tambahan waktu mengantarkan Portugal ke babak delapan besar Euro 2016.Memutar balik...

39 0

redaksi.co.id – Laporan Pertandingan: Kroasia 0-1 Portugal (ET)

Dramatis, gol telat Ricardo Quaresma di babak tambahan waktu mengantarkan Portugal ke babak delapan besar Euro 2016.

Memutar balik segala prediksi, Portugal berhasil melangkahkan kaki ke babak perempat-final Euro 2016 usai menekuk Kroasia dengan skor tipis 1-0 melalui babak tambahan waktu.

Gol semata wayang Selecao dicetak pemain veteran Ricardo Quaresma memanfaatkan bola liar hasil tembakan Cristiano Ronaldo hanya tiga menit menjelang bubaran pertandingan di masa tambahan waktu.

Sejak wasit membunyikan peluit tanda pertandingan dimulai, Kroasia langsung mencoba menguasai lapangan sementara Portugal langsung menutup rapat setiap celah di lini pertahanan.

Meski mendominasi lapangan, Kroasia kesulitan melakukan tusukan ke area krusial Portugal sebaliknya Cristiano Ronaldo yang diandalkan Selecao di lini depan tidak mendapat dukungan maksimal dari lini tengah hingga kedua tim kesulitan menciptakan peluang di babak pertama.

Kans pertama diraih Portugal pada menit 25. Dari situasi bola mati, Guerreiro mengirimkan si kulit bulat ke kotak penalti yang disambar tandukan kepala Pepe namun bola naik ke atas mistar gawang.

Enam menit berselang giliran Kroasia mengancam melalui Ivan Perisic namun setelah melakukan terobosan, sepakan pemain Inter ini tidak mengenai target.

Rapatnya lini pertahanan kedua tim membuat pertandingan di babak pertama kurang seru untuk dinikmati namun situasi sedikit berubah di paruh kedua.

Baru berjalan tujuh menit dari masa rehat, Kroasia mendapat dua peluang yang gagal dimanfaatkan Mario Mandzukic sementara sepakan Marcelo Brozovic dari situasi tendangan sudut gagal membobol gawang Patricio.

Kans terbaik Kroasia datang pada menit 62 saat tendangan bebas Rakitic disambung tandukan kepala Vida ke tiang jauh namun lagi-lagi bola mengarah ke sisi gawang yang salah.

Banyaknya gol telat yang tercipta di Euro 2016 memunculkan harapan terjadi drama lain di Prancis namun kedua tim tak juga menemukan gol penentu kemenangan hingga 90 menit waktu normal habis.

Tidak banyak perubahan terjadi di babak tambahan waktu. Kroasia memang lebih mendominasi namun bisa dikatakan kedua tim tidak mau mengambil risiko bermain terbuka hingga adegan di depan gawang tidak banyak tercipta.

Ketika pemenang seperti bakal ditentukan oleh tendangan penalti, sebuah serangan balik dilancarkan Portugal di menit 117 melalui Renato Sanches. Bola kemudian diberikan kepada Nani yang jitu melihat posisi Cristiano di tiang jauh.

Umpan mendatar Nani yang melintas di depan gawang kemudian diarahkan oleh bintang Real Madrid namun masih bisa ditepis Subasic dan bola liar dengan nyaman ditanduk Ricardo Quaresma untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Tersengat oleh gol Portugal, Kroasia langsung mencoba memberikan reaksi positif sayang dua peluang yang didapat Pjaca dan Vida gagal berbuah gol dan Portugal akhirnya memesan satu tiket ke babak delapan besar merangkai duel lawan Polandia.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!