Kriteria Tabungan Anak Terbaik dan Produk Pilihannya

redaksi.co.id - Kriteria Tabungan Anak Terbaik dan Produk Pilihannya Saat ini bank banyak mengeluarkan produk tabungan khusus untuk anak-anak. Produk tersebut didesain secara khusus oleh bank...

145 0

redaksi.co.id – Kriteria Tabungan Anak Terbaik dan Produk Pilihannya

Saat ini bank banyak mengeluarkan produk tabungan khusus untuk anak-anak. Produk tersebut didesain secara khusus oleh bank agar orang tua lebih mudah mendidik anak mengajarkan kebiasaan menabung. Kebiasaan menabung sebisa mungkin diajarkan sejak dini, sebab menabung merupakan kebiasaan yang baik dan mempunyai banyak manfaat di masa depan.

Membuka tabungan anak berfungsi sebagai media pendidikan agar anak pandai mengelola keuangannya sejak usia dini. Tabungan anak juga memberikan pengetahuan serta pengalaman baru mengenai bank, berkomunikasi dengan petugas bank, dan memahami tabungan. Sehingga akan terbangun mentalitas anak yang baik, disiplin menabung dan lebih menghargai uang.

Banyak produk tabungan anak yang dikeluarkan bank, dengan keunggulan yang masing-masing. Sebelum memilih sebaiknya ketahui kriteria tabungan anak yang terbaik berikut ini:

Syarat Pengajuan viapixabay.com

Sebaiknya pilihlah bank yang persyaratan pengajuannya mudah, karena orang tua akan diminta untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Syarat pengajuan tabungan untuk anak berbeda dengan syarat tabungan pada umumnya. Persyaratan yang diminta bank adalah KTP orang tua, akta kelahiran anak, dan umur anak saat pengajuan. Pembukaan tabungan anak semakin mudah apabila orang tua memiliki tabungan di bank yang sama. Bahkan tabungan anak ada yang kolektif melalui sekolah, di mana bank berinisiatif mendatangi sekolah.

Setoran Minimumviaaberdeenairporthotelsuk.com

Saat membuka tabungan anak, bank akan meminta uang setoran awal. Jumlah setoran awal yang diminta umumnya lebih kecil dari tabungan biasa, namun masing-masing bank memiliki perbedaan jumlah setoran awal. Sebaiknya pilihlah bank dengan setoran awal yang terkecil, agar setoran awal dapat dipenuhi dari uang jajan anak sendiri. Sehingga anak merasa bangga memiliki tabungan sendiri dengan uang setoran awal dari uang jajan yang disisihkan.

Ada bank yang menetapkan saldo minimum tabungan, tetapi ada juga yang tidak menetapkan saldo minimum. Biasanya bank yang menetapkan saldo minimum akan menagih biaya jika saldo tabungan anak di bawah saldo minimum yang ditetapkan. Sebaiknya orang tua mencari tahu hal ini agar tidak salah langkah dan merugi. Sehingga ketika anak menarik dana dari tabungan dapat diketahui saldo minimum yang harus disisakan di tabungan.

Nama di Buku Tabungan Membuat Anak Rajin Menabung via squarespace.com

Bank akan memberikan buku tabungan yang diatasnamakan anak. Walaupun nama tidak berpengaruh pada jumlah tabungan, namun ketika nama anak tertulis di buku tabungan akan menumbuhkan rasa bangga tersendiri. Sehingga secara otomatis rasa kepemilikan terhadap tabungan semakin tinggi yang akhirnya berdampak pada kerajinan anak dalam menabung.

Bunga dan Biaya Administrasi viathinkglink.com

Bunga tabungan anak lebih kecil dari tabungan biasa, namun setiap bank memiliki bunga tabungan yang berbeda-beda sesuai kebijakannya masing-masing. Sebaiknya pilihlah tabungan anak dengan bunga yang tertinggi, karena semakin tinggi bunga tabungannya, anak akan lebih merasakan manfaat dari rajin menabung.

Biaya Administrasi perlu orang tua ketahui, karena biaya administrasi berdampak pada pengurangan jumlah tabungan anak dan dapat mengurangi minat anak untuk menabung. Namun ada bank yang tidak membebankan biaya administrasi sama sekali. Semakin rendah biaya administrasinya atau bahkan tidak ada biaya administrasi sama sekali akan semakin baik.

Hadiah Untuk Anak viacdn.skim.gs

Beberapa bank memberikan promo dan hadiah yang menarik dalam tabungan anak, seperti: diskon di tempat permainan anak, hadiah langsung, dan tambahan bunga. Sebaiknya pilihlah tabungan anak yang memberikan banyak promo untuk memotivasi anak agar rajin menabung, sehingga anak akan merasa kebiasaan menabung mempunyai nilai positif yang lain, selain jumlah saldo yang semakin banyak.

Kontrol Orang Tua Pada Anak Saat Menabung viacdn.skim.gs

Sebaiknya pilihlah tabungan anak yang memberikan akses kepada orang tua untuk mengontrol. Seperti SMS notifikasi dari bank setiap anak menyetorkan atau menarik dana. Fitur ini bertujuan memudahkan orang tua memantau sejauh mana kebiasaan menabung anaknya.

Setelah mengetahui kriteria tabungan anak yang terbaik, selanjutnya pilihlah produk tabungan anak yang terbaik. Berikut ini produk tabungan anak yang dapat menjadi bahan pertimbangan:

BNI Taplus Anak cocok untuk anak berusia di bawah 17 tahun, karena syaratnya cukup mudah dengan setoran awal Rp 100 ribu dan orang tua dapat memantau semua transaksi yang dilakukan anak. BNI Taplus Anak menggratiskan biaya pengelolaan rekening dan kartu ATM. Produk ini juga sering menggelar promo di merchant-merchant tertentu. Sehingga melalui tabungan ini, anak belajar bertransaksi secara mandiri di bank maupun lewat ATM, belanja, dan BNI SMS Banking.

Mighty Savers melambangkan anak yang tertib keuangan sejak usia dini. Produk ini menyertakan permainan edukatif yang melibatkan anak dan orangtuanya. Permainan ini mengajak anak menabung sambil bermain dengan setoran awal Rp 50 ribu, kemudian yang akan menjadi Jagoan Menabung serta mendapatkan hadiah menarik adalah anak yang disiplin menabung. Bagi orang tua dan anaknya yang tidak mempunyai waktu datang ke bank cabang dapat membuka tabungan ini tanpa perlu pergi ke cabang.

Permata Bintang mensyaratkan setoran awal Rp 250 ribu, maka tawarkanlah kepada anak untuk membuka tabungan ini ketika celengannya sudah mencapai setoran awal. Produk ini menyediakan berbagai keunggulan dan fitur yang menarik dibanding produk lainnya. Permata Bintang memiliki berbagai karakter Disney, sehingga cocok untuk anak yang mengidolakan tokoh Disney, karena setiap pembukaan tabungan ini, anak mendapat kartu ATM dengan gambar tokoh Disney idolanya. Agar tidak terkena biaya administrasi bulanan, minimum saldonya di atas Rp 100 ribu.

Britama Junio mensyaratkan setoran awalnya Rp250 ribu. Produk ini mempunyai banyak fitur, seperti: asuransi kecelakaan mencapai Rp150 juta, dapat mengecek saldo secara online, dan tersedia kartu ATM dengan desain khusus anak-anak. Selain itu nasabah tabungan anak ini akan diikutsertakan dalam program undian Untung Beliung Britama, sehingga berpeluang mendapatkan hadiah kejutan bagi yang beruntung.

Setoran awal Tabungan Junior cukup rendah hanya Rp100 ribu, namun ada biaya adminsitrasi bulanan Rp 5 ribu, jika saldo yang mengendap di bawah Rp1 juta. Setiap pembukaan tabungan ini akan mendapatkan kartu ATM bergambar kartun SpongeBob Squarepants dan setiap nasabah berhak mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan hingga Rp200 juta.

Selain itu pemilihan produk tabungan anak harus melalui pertimbangan yang matang. Banyak keuntungan yang diperoleh jika anak belajar mengelola keuangannya secara mandiri sejak dini. Selain itu orang tua juga masih dapat memantau sejauh mana kedisiplinan anak menabung melalui SMS notifikasi bank. Selamat mendidik anak untuk rajin menabung.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!