Wagub Djarot: Pengguna Narkoba Di Ibukota Meningkat

redaksi.co.id - Wagub Djarot: Pengguna Narkoba Di Ibukota Meningkat Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menegaskan ada kenaikan persentase pengguna narkoba di ibukota pada tahun...

25 0

redaksi.co.id – Wagub Djarot: Pengguna Narkoba Di Ibukota Meningkat

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menegaskan ada kenaikan persentase pengguna narkoba di ibukota pada tahun ini.

“Tahun ini yang kena sekitar 3,5 persen dari jumlah penduduk (DKI Jakarta), tahun lalu 3,4 persen, persentasenya itu naik dari tahun lalu kan,” ujar Djarot, saat ditemui di Lapangan Parkir Kota Tua, Jalan Cengkeh, Jakarta Barat, Minggu (26/6/2016).

Ditemui saat menghadiri acara puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2016, ia menambahkan jaringan internasional merupakan alasan meningkatnya para pengguna narkoba di wilaya DKI Jakarta.

“Banyak, karena ini kan masalah jaringan internasional ya,” imbuhnya.

Djarot pun turut menanggapi pernyataan presiden Joko Widodo yang sempat mengatakan anak usia dini (Taman Kanak-kanak) sudah terkena narkoba.

“Anak TK di Jakarta masih belum ada, tapi tetap kita waspadai, anak TK dan SD itu belum,” jelasnya.

Menurutnya, hanya siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) saja yang terbukti menggunakan narkoba saat pihaknya menggelar tes urine pada sejumlah SMA di DKI Jakarta.

kalau SMA iya, kemarin kita gelar tes urine di beberapa SMA, ada yang kena, kalau TK belum ya,” tandasnya.

Selain Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, acara yang digelar oleh BNN tersebut turut dihadiri oleh Presiden RI Djoko Widodo, Menkopolhukam Luhut Panjaitan, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Ketua BNN Budi Waseso, serta Ketua KPK Agus Raharjo.

Terkait peringatan HANI 2016, diperkirakan terdapat 246 juta orang atau bisa diartikan 52 persen dari populasi dunia berusia 15-64 tahun, pernah menyalahgunakan narkotika.

Hal tersebut bersasarkan laporan ‘World Drugs Report’ pada 2015 lalu, yang diterbitkan oleh UNODC yang merupakan sebuah organisasi dunia yang menangani masalah narkotika dan kriminal.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!