Euro 2016, Italia Kirim Spanyol Pulang

redaksi.co.id - Euro 2016, Italia Kirim Spanyol Pulang Italia berhasil memenangkan laga babak 16 besar melawan Spanyol dengan skor 2-0. Pertahanan Grendel yang diperagakan anak asuh...

28 0

redaksi.co.id – Euro 2016, Italia Kirim Spanyol Pulang

Italia berhasil memenangkan laga babak 16 besar melawan Spanyol dengan skor 2-0. Pertahanan Grendel yang diperagakan anak asuh Antonio Conte berhasil meredam ketajaman lini serang anak asuh Vicente del Bosque.

Gol kemenangan Italia diciptakan oleh Giorgio Chiellini pada menit ke-33 dan Graziano Pelle pada menit ke-91. Gol Chiellini tercipta melalui skema tendangan bebas.

Tendangan bebas Emanuele Giaccherini di depan kotak pinalti tak mampu ditangkap sempurna oleh penjaga gawang David De Gea. Bola muntah pun disambar oleh Chiellini yang dengan mudah mencetak gol keunggulan Italia atas Spanyol.

Italia berhasil menambah keunggulan melalui serangan balik cepat. Gol Pelle itu tercipta berkat umpan silang Mateo Darmian dari sisi kiri pertahanan Spanyol. Bola sempat menyentuh kaki Pique dan mengarah ke Pelle yang tak terkawal. Penyerang Southampton itu pun melepaskan tembakan Voli yang menembus gawang De Gea.

Pada babak pertama, Italia yang menerapkan strategi menunggu bola di lapangan permainan sendiri lebih memiliki banyak peluang. Menit ke 6 penyerang Eder menyambut umpan dari sisi kanan pertahanan Spanyol dengan tendangan voli. Namun sepakannya masih membentur Sergio Ramos dan bisa di amankan dengan mudah oleh David de Gea.

Menit ke-8 Italia Graziano Pelle hampir menjebol gawang De Gea. Dia memenangkan duel udara di depan kotak pinalti menyambut umpan sepakan bebas Alessandro Florenzi. Tetapi sundulan Pelle ke sisi kiri bawah gawang masih bisa ditepis De Gea

Italia mendapat peluang ketiganya pada menit ke-10. Emanuele Giaccherini berhasil melepaskan sepakan salto dari dalam kotak pinalti memanfaatkan umpan Florenzi. Bola hanya mengenai tiang kiri gawang Spanyol. Namun wasit memutuskan Giaccherini telah melakukan pelanggaran sebelum melepaskan sepakan itu.

Peluang emas Spanyol baru tercipta pada menit ke-28. Andres Iniesta melepaskan tembakan dari luar kotak pinalti Italia setelah menerima umpan sepak pojok Nolito. Sayangnya tembakan gelandang Barcelona itu masih mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang Gianluigi Buffon.

Pada menit ke-45 Giacherini kembali membahayakan pertahanan Spanyol. Gelandang mungil itu melepaskan sepakan dari sisi kanan luar kotak pinalti. Beruntung bagi Spanyol, penjaga gawang David de Gea masih mampu menepis bola. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Italia 1-0.

Tertinggal 1-0, Spanyol mencoba lebih agresif pada babak kedua. Laga baru dimulai 4 menit, Alvaro Morata membuka peluang bagi skuad asuhan Vicente del Bosque. Morata melepaskan sundulan setelah menerima umpan Nolito dari sisi kanan pertahanan Italia. Sayangnya sundulan penyerang Juventus itu masih bisa mengarah tepat ke pelukan Bufon.

Menit ke-55 serangan balik Italia hampir membawa petaka bagi Spanyol. Sergio Ramos kalah dalam adu lari dengan Eder. Namun de Gea yang maju menutup ruang tembak masih mampu menggagalkan sepakan Eder.

Aritz Aduriz yang masuk menggantikan Nolito mendapatkan peluang pada menit ke-69. Menerima umpan dari sisi kanan pertahanan Italia, Aduriz berhasil melepaskan tembakan dari luar kotak pinalti namun sepakannya masih menyamping di sisi kanan gawang Buffon.

Spanyol kembali mengancam gawang Italia pada menit ke- 76. Umpan penyerang Lucas Vasquez yang masuk menggantikan Alvaro Morata melepaskan umpan dari sisi kiri pertahanan Spanyol. Umpan Vasquez disambut tembakan voli yang masih bisa diblok oleh Buffon.

Semenit berselang, Buffon kembali menjadi penyelamat bagi Italia. Dia berhasil menyelamatkan gawangnya dari kebobolan setelah terbang ke sisi kanan gawangnya untuk memblok tembakan Gerard Pique dari luar kotak pinalti.

Pada menit ke-85 giliran Italia yang mengancam gawang Spanyol. Penyerang Lorenzo Insigne berhasil melewati Sergio Ramos dan melepaskan tembakan dari luar kotak pinalti. Namun De Gea masih mampu memblok peluang pertama Insigne itu.

Lima menit berselang Spanyol kembali menyianyiakan peluang emas yang didapatkannya. Tembakan Gerard Pique di depan gawang Italia masih terlalu lemah setelah menyambut umpan tendangan bebas Cesc Fabregas.

Kemenangan itu membuat Italia berhasil menuntaskan dendam mereka atas Spanyol pada final Euro 2012. Saat itu mereka ditekuk Iniesta cs dengan skor telak, 4-0. Italia pun memastikan satu tempat di babak 8 besar Euro 2016.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!