Euro 2016, Islandia Singkirkan Inggris

redaksi.co.id - Euro 2016, Islandia Singkirkan Inggris Kejutan terjadi pada babak 16 besar Euro 2016. Tim kuda hitam Islandia berhasil menyingkirkan Inggris setelah menang 1-2 pada...

16 0

redaksi.co.id – Euro 2016, Islandia Singkirkan Inggris

Kejutan terjadi pada babak 16 besar Euro 2016. Tim kuda hitam Islandia berhasil menyingkirkan Inggris setelah menang 1-2 pada laga Selasa dini hari, 28 Juni 2016.

Inggris yang tampil dengan kekuatan terbaiknya sempat unggul cepat pada menit ke-4. Mereka mendapatkan pinalti setelah penjaga gawang Hannes Halldorsson menjegal Raheem Sterling.

Wayne Rooney yang maju sebagai algojo melesakan bola ke sudut kanan bawah gawang Islandia. Inggris unggul 1-0. Namun keunggulan Inggris hanya bertahan 2 menit. Islandia berhasil menyamakan kedudukan melalui Ragnar Sigurdsson.

Ragnar yang tak terkawal berhasil mencocor umpan tandukan Kari Arnason yang menerima umpan lemparan ke dalam di sisi kiri pertahanan Inggris. Pada menit ke-15 Dele Alli hampir mengembalikan keunggulan Inggris.

Namun upaya tembakannya dari luar kotak pinalti hanya melambung tipis di atas gawang Islandia. Halldorsson kembali harus berjibaku dua menit berselang.

Kali ini tembakan keras Harry Kane dari luar kotak pinalti mengancam gawangnya. Tetapi lagi-lagi bola melambung tipis di sisi kiri gawang Islandia.

Pada menit ke-18, Inggris justru berbalik unggul. Gylfi Sigurdsson melepaskan umpan manis kepada Kolbeinn Sigthorsson yang langsung melepaskan tembakan mendatar ke sudut kiri bawah gawang Inggris. Joe Hart sempat menepis bola sebelum menembus gawangnya.

Pada menit ke-28 Harry Kane kembali mengancam gawang Islandia. Menerima umpan lambung dari Daniel Sturridge, Kane melepaskan tembakan voli. Namun Halldorsson masih mampu menepis bola ke atas mistar gawangnya.

Rapatnya pertahanan Islandia membuat pemain Inggris banyak melakukan tembakan dari luar kotak pinalti. Pada menit ke-36 Rooney melepaskan tembakan keras yang lagi-lagi gagal menemui sasaran.

Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan 1-2 untuk Islandia. Tertinggal 1-2, pelatih Roy Hodgson memasukan Jack Wilshere pada babak kedua menggantikan Eric Dier.

Namun pergantian itu tak banyak membantu. Inggris tetap kesulitan menembus pertahanan Islandia yang kerap menumpuk 6 pemain di depan gawang.

Islandia mendapat kesempatan emas pada menit ke-55. Ragnar Sigurdsson berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Inggris dan melepaskan tendangan salto. Namun tembakannya masih bisa ditepis oleh Joe Hart.

Pada menit ke-60, Hodgson kembali melakukan pergantian pemain. Kali ini dia menarik Raheem Sterling dan memasukan Jamie Vardy. Semenit berselang Inggris mendapatkan peluang. Menerima umpan silang Sturridge, Dele Alli melepaskan tembakan voli dari dalam kotak pinalti.

Namun lagi-lagi tembakan Alli hanya melambung di atas mistar gawang.

Vardy mendapat peluang emas pada menit ke-70. Menerima umpan terobosan dari Rooney, Vardy beradu kencang dengan Ragnar. Namun Ragnar berhasil menyapu bola dari kotak pinaltinya untuk menggagalkan upaya Vardy.

Dua menit berselang Islandia mengancam lewat serangan balik cepat di sisi kiri pertahanan Inggris. Tetapi upaya bek Birkir Saevarsson yang maju membantu penyerangan hanya melambung di atas mistar gawang Joe Hart.

Upaya Harry Kane pada menit ke-78 kembali gagal. Menerima umpan lambung dari Wilshere, Kane melepaskan tandukan yang masih mengarah tepat ke pelukan Halldorsson.

Serangan balik Islandia kembali mengancam pada menit ke-83. Aron Gunarsson berhasil melepaskan tembakan dari dalam kotak pinalti meskipun dalam bayang-bayang Jack Wilshere.

Beruntung bagi Inggris, Joe Hart masih dapat memblok bola yang mengarah tepat ke gawangnya. Roy Hodgson melakukan pergantian pemain terakhirnya pada menit ke-85. Dia menarik Wayne Rooney dan memasukan penyerang muda Marcus Rashford.

Rashford mendapat peluang pada menit ke-90. Dia mampu menyisir sisi kiri pertahanan Islandia hingga masuk ke kotak pinalti. Namun upayanya mengirim bola ke tengah terhalang 3 pemain belakang Islandia. FEBRIYAN

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!