5 Tips Cermat Belanja di Instagram

131

redaksi.co.id – 5 Tips Cermat Belanja di Instagram

Dengan semakin berkembangnya jenis sosial media, banyak di antaranya yang dijadikan sebagai ajang promosi gratis berbagai produk yang dijual secara online. Para pemilik online shop (toko online) menggunakan jejaring sosial untuk memasarkan produknya untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih luas lagi. Instagram salah satunya, sosial media ini menampilkan gambar dan video. Penggunaan Instagram bagi pemilik akun sekaligus pemain toko online memang sangat besar manfaatnya dalam menggaet calon konsumennya. Gambar produk tinggal diunggah serta diberikan keterangan lengkap, baik spesifikasi produk, harga, dan cara pemesanan.

Di sisi calon pembeli, belanja online juga cukup praktis. Tinggal online atau terhubung internet melalui smartphone atau laptop, bisa langsung membeli barang yang diinginkan atau yang dibutuhkan. Belanja online dengan media sosial Instagram juga sama mudahnya dengan media sosial lainnya. Tapi secara umum, belanja online selain mudah, juga mempunyai resiko. Perlu beberapa tips cermat belanja melalui Instagram agar meminimalkan faktor risiko yang ada.

Testimoni Pembeli viah-cdn.co

Para pemilik toko online yang menggunakan media promosi via Instagram tentunya memiliki follower yang banyak. Sebelum benar-benar membeli barang yang diharapkan, lebih baik mengecek komentar-komentar yang tertulis pada akun Instagram tersebut terlebih dulu. Seorang pembeli online harus benar-benar teliti dan cermat agar tidak tertipu dengan toko online abal-abal, baik yang berniat menipu atau menjual produk dengan kualitas rendah. Saat ini, akun Instagram yang banyak follower-nya belum menjamin sebagai online shop yang terpercaya. Hal ini karena adanya follower bayangan untuk memberi kesan positif pada akun Instagram toko online tersebut. jika banyak komentar yang bernada negatif, maka lebih baik mencari akun lainnya dengan menjual barang yang sama.

Endorsement Instagram viawordpress.com

Selain mengecek testimoni para konsumen atau pembeli pada komentar-komentarnya, cara lain yang bisa dilakukan adalah memperhatikan sisi endorsement dari pemilik toko online. Ada beberapa toko online yang menggunakan para artis terkenal untuk mempromosikan produk jualannya. Jika yang di-endorse oleh akun Instagram tersebut merupakan orang-orang yang cukup terkenal, maka bisa dipastikan bahwa toko online tersebut termasuk dalam kriteria terpercaya.

Perhatikan Gambar Produk via styledoctors.com

Produk pada gambar mungkin akan berbeda dengan produk aslinya. Bisa karena efek cahaya saat difoto, atau memang sengaja diedit agar tampak lebih menarik. Toko online yang terpercaya pastinya memberikan kualitas produk yang tidak jauh dari gambar produk yang ada. Sebagai konsumen yang pandai, jangan sampai terkecoh dengan gambar, agar meminimalkan rasa kecewa ketika barang dibeli dan diterima. Pastikan gambar produk yang ingin dibeli merupakan real picture atau gambar asli atau bisa langsung memintanya saat menghubungi penjual secara pribadi.

Bandingkan Harga Antar Penjual viahuffpost.com

Dengan semakin yang berjualan produk di Instagram, memungkinkan terjadinya persaingan harga antara para penjualnya untuk produk yang sama. Jangan khawatir akan kehabisan barang, karena sebagai pembeli, akan mudah sekali ditemukan banyak barang yang sama tapi dijual di akun Instagram toko online yang berbeda. Begitu pula dengan harganya, harus dibandingkan dengan cermat pula. Sebelum memutuskan membeli, sebaiknya melakukan survei harga dan produk dari beberapa akun Instagram toko online, untuk mendapatkan harga yang murah.

Pembayaran Belanja Online via newsexaminer.net

Toko online memberikan beberapa kemudahan dalam pembayaran, bisa , transfer tunai, transfer antar rekening, kartu kredit atau menggunakan PayPal. Jika tidak menggunakan sistem COD, pembeli yang telah mentransfer uangnya sebagai tanda jadi pembelian, berhak meminta nomor resi pengiriman. Tujuannya adalah untuk memastikan barang yang dipesan untuk dibeli benar-benar dikirimkan. Nomor resi pengiriman ini bisa dilacak keberadaannya melalui website jasa pengiriman.

Dengan memperhatikan berbagai tips cermat belanja online via Instagram, seseorang diharapkan bisa berhati-hati agar tidak tertipu oleh toko online abal-abal. Cermat sisa dilakukan dengan teliti terhadap segala yang diposting pada akun Instagram pemilik toko online tersebut, yaitu gambar produk, rincian spesifikasi produk, siapa yang di-endorse, perbandingan harga, sistem pembayaran dan pengiriman barang. Selamat berbelanja online.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

loading...

Comments

comments!