Cara Mengurus SIM yang Hilang atau Mati

redaksi.co.id - Cara Mengurus SIM yang Hilang atau Mati Ada banyak peraturan yang wajib kita laksanakan sebagai seorang warga negara yang baik, salah satunya adalah memiliki...

25 0

redaksi.co.id – Cara Mengurus SIM yang Hilang atau Mati

Ada banyak peraturan yang wajib kita laksanakan sebagai seorang warga negara yang baik, salah satunya adalah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai syarat untuk mengemudikan kendaraan bermotor. Sebuah SIM akan berfungsi sebagai tanda bukti legitimasi kompetensi, alat kontrol, dan data forensik kepolisian terhadap seseorang yang telah lulus ujian dalam mengemudikan kendaraan bermotor. Begitu pentingnya SIM, hingga sanksi yang dikenakan atas pelanggaran peraturan ini juga terbilang cukup berat.

Tidak membawa SIM atau belum memiliki SIM pada saat mengendarai kendaraan bermotor akan membuat Anda terkena sejumlah sanksi, baik itu berupa denda maupun berupa tindakan lainnya yang dianggap perlu oleh petugas yang melakukan pemeriksaan. Hal seperti ini tentu akan sangat merepotkan, terutama jika ternyata Anda harus bolak-balik mengurus dan mengikuti persidangan, akan ada banyak waktu yang terbuang. Untuk itu, sangat penting membawa SIM ketika sedang bepergian menggunakan kendaraan bermotor. Lalu bagaimana jika ternyata Anda lupa memperpanjang SIM sehingga telah habis masa berlakunya, atau bahkan Anda menghilangkannya tanpa sengaja?

Hampir semua orang biasanya membawa SIM di dalam dompet mereka, barangkali Anda juga. Jadi dalam banyak kasus, ketika dompet hilang, maka hampir semua dokumen identitas diri juga ikut hilang, termasuk SIM juga. Untuk mengantisipasi kejadian seperti ini, maka akan sangat penting bagi Anda untuk menyimpan fotokopian SIM dan juga berbagai dokumen lainnya sebagai arsip untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu dompet Anda hilang. Ini akan mempermudah Anda dalam mengurus dan juga menggantinya kepada pihak yang berwajib.

Ini Dia yang Membuat SIM Mati

SIM Mati viapolri.go.id

Berbeda dengan SIM yang hilang, SIM mati merupakan SIM yang tidak bisa digunakan lagi sebagaimana mestinya. Bisanya SIM ini telah dalam keadaan rusak ataupun dalam kondisi yang tidak layak lagi untuk dipergunakan oleh pemiliknya. Ada beberapa hal yang menyebabkan SIM tidak berlaku lagi, antara lain:

Lakukan Ini Jika SIM Mati atau Hilang

Yang Perlu Dilakukan Ketika SIM Hilang viawordpress.com

Memiliki berbagai dokumen yang lengkap dan sesuai dengan aturan yang berlaku, tentu sangat terkait dengan kedisiplinan seseorang. Hal ini menjadi sebuah kebiasaan, di mana ada saja orang yang selalu siap dan memperhatikan hal-hal seperti ini dengan baik. Namun, di sisi lain ada juga banyak orang yang teledor, pelupa, atau bahkan kurang perduli dengan hal-hal seperti ini.

Anda tentu tidak ingin bepergian dengan berbagai dokumen yang tidak lengkap bukan? SIM adalah salah satu hal penting yang wajib Anda bawa saat berkendara, karena itu jika Anda kehilangan atau kehabisan masa berlaku SIM Anda, maka segera lakukan beberapa langkah di bawah ini:

Mengurus dan mendapatkan kembali SIM yang hilang/mati tentu bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan, terutama jika semua persyaratan yang diminta bisa dipenuhi dengan baik dan sebagaimana mestinya, maka pengurusan tersebut hanya akan membutuhkan waktu yang singkat saja. Pastikan semua persyaratan telah dibawa, sehinggaAnda tidak perlu bolak-balik ke Satpas untuk mengurusnya.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan?

Dalam mengurus dan mendapatkan kembali SIM yang hilang atau mati, maka Anda juga akan dikenakan sejumlah biaya penggantian oleh pihak Satpas. Besaran biaya ini tentu sudah sesuai dengan aturan dan juga ketentuan yang berlaku. Adapun rincian biaya yang dibutuhkan pada saat pengurusan kembali SIM adalah sebagai berikut:

Biaya penggantian = Rp80.000,-

Biaya asuransi jiwa = Rp30.000,-

Biaya cek kesehatan = Rp20.000,-

Total biaya = Rp130.000,-

Biaya penggantian = Rp75.000,-

Biaya asuransi = Rp30.000,-

Biaya tes kesehatan = Rp20.000,-

Total biaya = Rp125.000,-

Biaya tersebut dibawa pada saat akan melakukan pengurusan SIM ke Satpas, pastikan biaya tersebut Anda bawa saat akan melakukan pengurusan SIM, agar Anda tidak perlu bolak-balik pada saat akan mengurus SIM yang baru tersebut. Namun jika Anda mengurus sekalian, maka Anda hanya perlu membayar biaya asuransi dan juga tes kesehatan tersebut sekali saja dan Anda tidak perlu membayarnya hingga 2 kali. Setelah Anda mendapatkan SIM yang baru, maka akan sangat baik jika Anda menyimpannya dengan hati-hati agar tidak hilang kembali.

Urus Kembali dan Simpan dengan Hati-Hati

Ketika Anda kehilangan SIM, maka jangan pernah menunda untuk segera mengurus kembali dan mendapatkan SIM yang baru dengan segera. Lengkapi semua persyaratan dan lakukan pengurusan SIM sesuai dengan ketentuan yang berlaku, hal ini akan membuat proses pengurusan dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Pastikan Anda menyimpan dan membawa SIM Anda dengan hati-hati, sehingga kehilangan tidak terulang kembali.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!