RUU Tax Amnesty Disahkan, Rupiah Bakal Menguat?

redaksi.co.id - RUU Tax Amnesty Disahkan, Rupiah Bakal Menguat? Seiring meredanya dampak Brexit, nilai tukar Rupiah di pasar spot antar valas yang sempat melemah hingga Rp...

29 0

redaksi.co.id – RUU Tax Amnesty Disahkan, Rupiah Bakal Menguat?

Seiring meredanya dampak Brexit, nilai tukar Rupiah di pasar spot antar valas yang sempat melemah hingga Rp 13.550 per dolar AS pun membaik. Perbaikan kurs Rupiah ke area Rp 13.340 per dolar AS meskipun dari kurs BI masih mengalami pelemahan. Kepala Riset PT NH Korindo Securities Reza Priyambada memperkirakan, kini pelaku pasar juga mencoba untuk optimistis seiring akan disahkannya aturan pengampunan pajak (tax amnesty).

“Diharapkan disahkannya tax amnesty dapat mengimbangi dampak Brexit sehingga berimbas positif pada penguatan Rupiah di tengah perkasanya Indeks Dolar Amerika,” ujar Reza siaran tertulisnya, Selasa, 28 Juni 2016. Pada perdagangan pasar spot kemarin, ketika Rupiah mampu menguat, pergerakan mata uang Asean lainnya terlihat bergerak variatif. Seperti Dolar Singapura yang melemah 0,08 persen, Ringgit Malaysia menguat 0,05 persen, Baht Thailand menguat 0,02 persen serta Peso Filipina melemah 0,49 persen.

“RUU tax amnesty diharapkan dapat diputuskan secepatnya dan tidak ada penundaan, tutur Reza. Ia memperkirakan kurs rupiah di level support dan resisten masing-masing di level Rp 13.360 dan Rp 13.320 per dolar AS. Tetap cermati sentimen yang ada. Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty untuk dibawa ke dalam pembahasan di rapat paripurna hari ini. Dalam pandangan mini fraksi semalam, sebagian besar fraksi di Komisi XI menyetujui RUU tersebut untuk disahkan.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!