Taman Rimba Jambi Boyong Dua Singa dari Taman Safari

63

redaksi.co.id – Taman Rimba Jambi Boyong Dua Singa dari Taman Safari

Pengelola Kebun Binatang Taman Rimba, Provinsi Jambi menambah koleksi satwa yakni Singa dalam menyambut pengunjung yang berlibur Lebaran Idul Fitri. Kepala UPTD Taman Rimba Jambi Adrianis di Jambi, Kamis (30/6), mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu kedatangan tambahan koleksi satwa berupa dua ekor Singa dari Taman Safari Indonesia Bogor.

“H-2 atau Senin (4/6) sebelum lebaran kemungkinan dua ekor singa sudah bisa didatangkan, sehingga saat liburan lebaran nanti masyarakat yang berkunjung ke Taman Rimba bisa mendapatkan suasana yang baru,” kata Adrianis.

Proses perizinan memboyong koleksi tambahan dua ekor singa tersebut kata Adrianis sudah selesai dan bahkan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) provinsi setempat telah melakukan survei kesiapan kandangnya di kebun binatang tersebut.

“Dan juga untuk izin lembaga konservasi (LK) yang defenitif sudah dikeluarkan melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) tertanggal 27 Juni 2016,” katanya.

Dia menjelaskan, sebelumnya pertemuan dengan pihak Direktorat Jendral Konservasi Keanekaragaman Hayati (Ditjen- KKH) telah dipastikan bahwa sebelum lebaran dua ekor singa dewasa (tujuh tahun) yang berjenis kelamin jantan itu sudah menjadi koleksi kebun binatang Taman Rimba.

“Pihak Direktorat KKH sepakat kalau sebelum libur lebaran dua ekor singa itu sudah bisa didatangkan, dan saat ini pihak Taman Safari Indonesia sedang mengurus izin ke BKSDA Jawa Barat,” katanya.

Dengan bertambahnya koleksi satwa tersebut diharapkan pengunjung yang datang ke kebun binatang satu-satunya di Provinsi Jambi itu semakin meningkat sehingga berdampak pada pendapatan asli daerah. “Dan juga kami berharap dengan tambahan koleksi satwa ini membuat pengunjung yang datang tambah terhibur dan semakin betah,” ujarnya.

Kebun binatang Taman Rimba Jambi saat ini memiliki sekitar 385 ekor koleksi satwa mulai dari berbagai reptil, burung, unggas dan mamalia.

(red/ochman/rief/RA)

loading...

Comments

comments!