Whatsapp Tak Lagi Sediakan Update bagi Blackberry dan Nokia

138

redaksi.co.id – Whatsapp Tak Lagi Sediakan Update bagi Blackberry dan Nokia

Aplikasi pesan untuk telepon pintar, Whatsapp, akan menghentikan update -nya bagi beberapa platform. Seperti dikutip dari situs resmi Whatsapp, Jumat, 1 Juli 2016, pemberhentian update aplikasi yang saat ini dikembangkan oleh Facebook itu akan dilakukan pada akhir tahun ini.

Dalam situs resminya, Whatsapp tidak lagi menyediakan update bagi Blackberry, termasuk Blackberry 10. Selain itu, Whatsapp juga akan menghentikan update-nya bagi Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android 2.1 dan Android 2.2, Windows Phone 7.1, dan iPhone 3Gs atau iOS 6.

Menurut keterangan resmi Whatsapp, platform-platform tersebut tidak lagi memiliki kemampuan untuk mendukung berbagai fitur baru yang akan dikembangkan oleh aplikasi asal Amerika Serikat itu di masa depan.

Whatsapp menyarankan, pengguna platform yang disebutkan tadi untuk meng- upgrade platform mereka. Whatsapp menyarankan, pengguna Android 2.1 dan Android 2.2 meningkatkan sistem telepon pintarnya menjadi Android 2.3 ke atas.

Sementara itu, pengguna Windows Phone dapat meng-upgrade sistemnya menjadi Windows Phone 8+ dan pengguna iPhone dapat meng-upgrade sistemnya menjadi iOS 7+ sebelum akhir 2016. Seperti dikutip dari situs Indian Express, tidak hanya Whatsapp saja yang menghentikan update-nya untuk Blackberry.

Facebook juga memutuskan untuk tidak lagi menyediakan update bagi Blackberry. “Blackberry harus fokus di pasar feature phone ,” ujar Direktur Riset Perusahaan Konsultasi Gartner, Vishal Tripathi.

Setelah dibeli oleh Microsoft senilai US$ 7,2 miliar pada 2013, Nokia tetap tidak bisa keluar dari keterpurukannya dan akhirnya kembali dijual kepada Foxconn. Blackberry juga dilaporkan mengalami kerugian sebesar US$ 670 juta pada kuartal pertama tahun ini.

“Blackberry tidak bisa mengejar apa yang ditawarkan oleh iOS dan Android. Windows Phone pun demikian. Telepon pintar berbasis Windows akan mengalami penurunan yang sangat tajam dengan dijualnya Nokia oleh Microsoft,” kata Analis Pasar Senior International Data Corporation, Karthik J. ANGELINA ANJAR SAWITRI | INDIAN EXPRESS

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!