Menteri Amran Minta Operasi Pasar Tak Hanya Lebaran

redaksi.co.id - Menteri Amran Minta Operasi Pasar Tak Hanya Lebaran Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta operasi pasar tak hanya digelar saat Lebaran, tetapi juga seterusnya. Ini...

24 0

redaksi.co.id – Menteri Amran Minta Operasi Pasar Tak Hanya Lebaran

Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta operasi pasar tak hanya digelar saat Lebaran, tetapi juga seterusnya. Ini dilakukan agar harga daging di pasar menjadi stabil di kisaran Rp 80 ribu per kilogram. Ini solusi permanen dan bukan hanya Lebaran, ujar Amran usai melakukan tinjauan harga daging sapi di Pasar Kramat Jati, Kamis, 29 Juni 2016.

Amran melanjutkan, pihaknya akan melakukan operasi pasar terus-menerus dan berkelanjutan. Targetnya adalah daging sapi impor dengan harga Rp 80 ribu per kilogram bisa masuk ke lapak-lapak pedagang dan bisa memutus rantai pasok. Saat ini terdapat 12 perusahaan yang menyuplai dagingnya ke untuk operasi pasar di wilayah Jabidetabek. Jumalah daging yang tersedia tersebut sebanyak sembilan ribu ton atau setara dengan 52 ekor sapi. Kami upayakan habis dua minggu, kata Amran.

Daging tersebut terdiri dari daging impor dan lokal. Meskipun ada sebagain masyarakat yang menolak daging beku, tapi Amran mengklaim, sebagiannya lagi sudah mulai beralih ke daging beku. Kemarin daging beku tiga ton ludes dalam waktu dua jam, tuturnya.

Ia melanjutkan, Itu artinya masyarkat senang. Adapun Jokowi, sapaan akrab Presiden Joko Widodo, mengunginkan penjual menurunkan harga daging sapi menjelang Lebaran. Dia mematok harga daging sapi bisa turun hingga di bawah Rp 80 ribu per kilogram sebelum Lebaran tiba. Jokowi mengeluhkan tingginya harga daging sapi di pasar domestik yang mencapai Rp 120-130 ribu per kilogram. Setiap menjelang Lebaran, inflasi pada komoditas ini malah bisa melonjakkan harganya sampai Rp 15 ribu per kilogram.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!