Menerka 3 Opsi Formasi MU dengan Ibrahimovic

redaksi.co.id - Menerka 3 Opsi Formasi MU dengan Ibrahimovic Zlatan Ibrahimovic telah mengonfirmasi di akun pribadi Instagram-nya bergabung dengan Manchester United (MU) pada musim panas ini....

41 0

redaksi.co.id – Menerka 3 Opsi Formasi MU dengan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic telah mengonfirmasi di akun pribadi Instagram-nya bergabung dengan Manchester United (MU) pada musim panas ini. Bergabungnya Ibrahimovic membuat lini serang MU semakin banyak memiliki opsi.

Sebelumnya, MU telah memiliki Wayne Rooney, Anthony Martial, dan Marcus Rahsford di lini depan. Dengan kehadiran Ibrahimovic, menarik untuk menyimak bagaimana Jose Mourinho meracik taktik demi meningkatkan ketajaman The Red Devils yang sempat menurun musim lalu.

Mourinho sesungguhnya bukan sosok baru bagi penyerang asal Swedia tersebut. Ibrahimovic dan Mourinho pernah bekerjasama selama semusim di Inter Milan pada musim 2008-2009 dan menghasilkan Scudetto.

Lalu, bagaimana sekarang peran Ibrahimovic bersama klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut? Seperti apa formasi yang mungkin dipakai Mourinho ketika memiliki striker berusia 34 tahun itu dan Rooney secara bersamaan.

Berikut opsi formasi MU dengan Ibrahimovic:

Opsi Pertama

MU sering memakai formasi 4-3-3 menjelang akhir musim lalu, ketika masih ditangani Louis van Gaal. Bukan tidak mungkin, formasi itu kembali dipakai Mourinho untuk memaksimalkan lini serang timnya dengan trisula Martial, Ibrahimovic, dan Rashford.

Ibrahimovic akan menjadi pusat perhatian bek-bek lawan, sementara Martial dengan kecepatannya dan Rashford yang seorang finisher alami akan jadi lini depan menakutkan.

Penyerang berpengalaman seperti Ibrahimovic yang konon dibutuhkan MU sejak musim lalu.

Rooney kemungkinan dimainkan sebagai gelandang serang atau playmaker, posisi yang belakangan diakrabinya. Rooney juga bisa menjadi solusi bila trisula Martial, Ibrahimovic, dan Rashford menemui kebuntuan di lini depan.

4-3-3: De Gea; Darmian, Smalling, Bailly, Blind; Schweinsteiger, Schneiderlin, Rooney; Martial, Ibrahimovic, Rashford.

Opsi Kedua

Jika Mourinho ternyata memilih Rooney untuk lebih banyak membantu serangan, formasi 4-2-3-1 bisa jadi pilihan. Ibrahimovic tentu akan menjadi ujung tombak MU dalam formasi tersebut, yang akan ditopang tiga pemain bernaluri menyerang tinggi.

Martial, Rooney, dan Rashford bisa jadi menjadi tiga pemain pilihan yang posisinya di belakang Ibrahimovic. Schweinsteiger dan Morgan Schneiderlin diplot sebagai penyeimbang di lini tengah maupun memotong aliran bola lawan.

Dengan formasi ini, tentu lini serang MU semakin garang mengingat seluruh penyerang yang mereka miliki diturunkan bersamaan. Hanya saja, The Red Devils butuh pelapis yang sepadan, menjadi tugas Mourinho mencari pemain bernaluri menyerang bagus lainnya di bursa transfer.

4-2-3-1: De Gea; Darmian, Smalling, Bailly, Blind, Schweinsteiger, Schneiderlin; Rooney; Martial, Rashford; Ibrahimovic.

Opsi Ketiga

Opsi lain jika Mourinho menginginkan lini tengah MU yang kuat, formasi 4-3-1-2 bisa dikedepankan. Duet Martial dan Ibrahimovic sudah cukup untuk merepotkan barisan pertahanan lawan, ditambah Rooney yang bermain di belakang dua striker itu.

Namun, formasi ini mungkin bakal membuat Rashford kekurangan kesempatan bermain sejak menit pertama. Mourinho berpotensi banyak menurunkan Rashford pada pertandingan-pertandingan di Piala FA atau Piala Liga.

Sementara posisi tiga gelandang dipercayakan kepada Schweinsteiger, Schneiderlin, dan Ander Herrera. Formasi ini diyakini menjadi yang paling ideal bagi The Red Devils dalam mengarungi musim depan, karakter Martial yang berbeda dengan Ibrahimovic akan cocok menjadi duet ampuh di lini depan.

4-3-1-2: De Gea; Darmian, Smalling, Bailly, Blind, Schweinsteiger, Schneiderlin, Herrera; Rooney; Martial, Ibrahimovic.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!