Tips Sukses Bisnis Jasa Penyalur Pembantu Rumah Tangga

redaksi.co.id - Tips Sukses Bisnis Jasa Penyalur Pembantu Rumah Tangga Di kota-kota besar seperti di kota jakarta, surabaya dan juga kota lainnya saat ini kebutuhan akan...

27 0

redaksi.co.id – Tips Sukses Bisnis Jasa Penyalur Pembantu Rumah Tangga

Di kota-kota besar seperti di kota jakarta, surabaya dan juga kota lainnya saat ini kebutuhan akan pembantu rumah tangga sangat tinggi. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh semakin meningkatnya kesejahteraan hidup warga kelas menengah keatas dan juga berbagai hal lain seperti semakin meningkatnya kegiatan atau pekerjaan di luar rumah yang memaksa orang-orang tersebut untuk mempekerjakan asisten rumah tangga untuk membantu mengurus rumah. Tidak hanya didalam negeri, permintaan akan pembantu rumah tangga di luar negeri juga sangat besar sampai sekarang seperti di negara-negara timur tengah, malaysia dan juga negara Asia timur seperti hongkong dan taiwan.

Permintaan pembantu rumah tangga tetap tinggi setiap tahunnya, hal tersebut juga tidak terlepas dari problem diatas. Ada kecenderungan bahwa pembantu rumah tangga biasanya berganti atau bertahan hanya setahun. Salah satu alasannya adalah disaat lebaran, para pembantu rumah tangga akan pamit untuk pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dan merayakan lebaran bersama keluarga. Sebagian besar dari para pembantu rumah tangga tersebut biasanya enggan kembali untuk bekerja dikarenakan berbagai hal seperti mendapatkan pekerjaan di tempat lain yang lebih baik, atau ingin hidup dan mengadu nasib di tempat asalnya.

Turn over atau pergantian pembantu rumah tangga yang cepat tentu menimbulkan kerepotan tersendiri bagi para pemberi kerja atau majikan mereka yang akan kebingungan karena orang yang biasanya dapat diAndalkan untuk mengurus dan membersihkan rumah sudah tidak ada lagi. Tentunya mereka harus mengurus semuanya sendiri mulai dari mencuci baju anak, mengepel dan juga menyapu lantai, serta mengurus makanan bagi suami dan anak-anak mereka.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan mengapa permintaan pembantu rumah tangga tidak pernah sepi. Hal tersebut tentu saja menjadi peluang bisnis yang cukup baik untuk Anda yang menginginkan untuk terjun di bidang penyalur tenaga kerja pembantu rumah tangga. Terutama karena target pasar yang cukup besar mengingat saat ini banyak sekali para orang tua atau pasangan suami-istri yang bekerja dan tidak memiliki waktu luang untuk mengurus dan mengerjakan pekerjaan rumah. Pembantu rumah tangga menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan dan menjadi keharusan bagi mereka.

Bagi Anda yang tertarik dan sedang ingin memulai bisnis penyalur pembantu rumah tangga, maka sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Memulai Usaha viacdn.bisnisukm.com

Untuk memulai bisnis usaha jasa penyalur pembantu rumah tangga sebaiknya dilakukan dengan memperoleh legalitas terlebih dahulu yaitu dengan cara membentuk badan usaha serta mendapatkan izin dari pemerintah daerah untuk menjalankan usaha tersebut agar tidak ada masalah yang merepotkan dikemudian hari. Bentuklah suatu badan usaha yang bisa berbentuk CV atau sebuah firma. Hal ini tentunya bisa menarik minat banyak pencari pekerja dan juga minat para pengguna jasa.

Untuk permohonan pembentukan badan usaha bisa Anda lakukan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang ada dimasing-masing daerah atau provinsi. Pastikan Anda sudah menyiapkan apa-apa saja syarat yang diperlukan untuk membuka badan usaha. Informasi tersebut bisa Anda lihat di website Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Pekerja Rumah Tangga via3.bp.blogspot.com

Jika kita ingin memiliki usaha jasa penyalur tenaga kerja pembantu rumah tangga, tentunya produk utama kita adalah sumber daya manusia yaitu para pekerja rumah tangga. Anda harus mempersiapkan berbagai hal untuk menyaring dan merekrut para pencari kerja untuk dipekerjakan menjadi pembantu rumah tangga. Proses seleksi sangat penting untuk dilakukan agar nantinya kita bisa memberikan kualitas dan juga dapat memenuhi kebutuhan dari para klien yang akan menggunakan jasa pembantu rumah tangga tersebut.

Proses seleksi tersebut bisa dilakukan dengan terjun langsung mencari kandidat yang baik atau juga bisa dengan menggunakan jasa serta bantuan orang lain untuk mencari tenaga kerja di daerah-daerah tertentu. Kebanyakan orang yang ingin bekerja menjadi pembantu rumah tangga adalah mereka yang berada di wilayah pedesaan atau di daerah atau wilayah pinggiran kota. Anda juga dapat menggunakan jasa lain diantaranya:

Dengan melalui metode tersebut, Anda bisa dengan lebih mudah mendapatkan calon tenaga kerja yang akan kita saluran untuk menjadi pembantu rumah tangga nantinya.

Wawancara Dengan Calon Pekerja vialovelace-media.imgix.net

Perhatikan juga latar belakang, status, pendidikan dan juga data diri dari calon pembantu rumah tangga yang ingin Anda rekrut. Hal tersebut cukup penting terutama jika nantinya klien Anda menginginkan pembantu rumah tangga dengan kriteria tertentu. Cermatilah asal-usul dari mereka dengan teliti. Lihat juga apakah mereka memiliki perangai dan berkelakuan baik atau tidak. Bila diperlukan Anda juga bisa meminta syarat yang berupa surat berkelakuan baik yang didapat dari pihak kepolisian Indonesia. Dengan begitu Anda bisa mengurangi resiko akan masalah yang bisa timbul dikemudian hari.

Contoh Kantor di Lokasi Strategis viabuildingbutler.com

Setelah memiliki surat izin usaha dan badan usaha serta memiliki calon tenaga kerja yang siap, tentunya akan kurang jika Anda tidak memiliki bangunan kantor yang sesuai dan juga layak huni untuk digunakan sebagai tempat untuk para calon pembantu rumah tangga tinggal sementara untuk persiapan sebelum direkrut dan disalurkan. Temukanlah tempat dengan bangunan yang layak huni namun tidak perlu terlalu mewah atau terlalu megah, cukup tempat sederhana namun layak karena hanya akan digunakan untuk sementara saja.

Tempat tersebut juga penting yang nantinya akan digunakan juga untuk melatih para calon pembantu rumah tangga yang masih minim pengalaman dan untuk memberi bekal pengetahuan terutama jika mereka akan disalurkan keluar negeri.

Beberapa tips atau poin-poin penting di atas bisa menjadi perhatian khusus jika ingin memulai membuka usaha jasa penyalur pembantu rumah tangga yang berhasil dan sukses. Bisnis jasa penyalur rumah tangga sampai sekarang masih menjadi usaha yang menjanjikan hingga cukup lama ditambah permintaan dan kebutuhan yang tinggi akan asisten rumah tangga setiap tahunnya.

Memulai bisnis bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar, yang pasti hampir di setiap bisnis, kemauan yang tinggi dan usaha yang keras mutlak diperlukan untuk bisa sukses dan berhasil.

(red/atno/wi/anto/RDS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!