Perusahaan Pembuat Genteng Metal di Mustika Jaya Disinyalir Tak Mengantongi Izin Usaha

BEKASI Redaksi.co.id Lemahnya pengawasan perijinan di Kota Bekasi, dimanfaatkan para pengusaha nakal.Akibatnya, banyak perusahaan yang mengabaikan kewajiban yang telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda).Seperti PT. Putra...

58 0

BEKASI Redaksi.co.id Lemahnya pengawasan perijinan di Kota Bekasi, dimanfaatkan para pengusaha nakal.

Akibatnya, banyak perusahaan yang mengabaikan kewajiban yang telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda).

Seperti PT. Putra Jaya Pemrakarsa (PJP). Perusahaan pembuat genteng metal diwilayah Kecamatan Mustika Jaya itu disinyalir tidak dilengkapi dengan sejumlah izin.

Dan parahnya, salah satu pemilik saham PT. PJP diketahui menjabat sebagai Kepala Seksi Trantib, Kecamatan Bekasi Selatan, Yayan Sopiandi.

Sebagai aparat penegak Perda, Yayan seharusnya tahu kewajiban sebuah perusahaan terkait perijinan. Kasus ini sangat ironi mengingat Yayan adalah pejabat pemerintah, ujar seorang warga Mustika Jaya, yang identitasnya tidak mau disebutkan, Jum’at (08/05/2015).

Menurutnya, perusahaan yang disinyalir tidak memiliki rekomendasi analisa dampak lingkungan (Amdal) dari Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi itu, dapat mencemari lingkungan disekitar pabrik.

Proses pembuatan genteng metal itu menggunakan sejumlah bahan kimia. Dan para pekerja hanya menggunakan alat keselamatan kerja yang tidak sesuai standar, jelasnya.

Dan saat dikonfirmasi, Yayan Sopiandi, Kepala Seksi Trantib Kecamatan Bekasi Selatan, mengakui jika dirinya adalah salah satu pemegang saham perusahaan tersebut.

Iya saya punya saham di perusahaan yang dikelola menantu saya, tuturnya.

Namun demikian, Yayan mengaku tidak tahu jika semua perijinan dari operasional perusahaan tersebut belum ada.

Saya gak tahu kalau belum ada ijin. Besok saya perintahkan untuk membongkar bangunan itu kalau tidak ada ijinnya, tegas Yayan.

Selain itu, Yayan juga mengaku sudah ditegur oleh Camat Mustika Jaya terkait PT PJP yang belum dilengkapi dengan sejumlah perijinan.

Sebenarnya saya malu, sebab camat sudah menegur saya, katanya.

Anehnya, saat Hj. Ati Rostaty, Camat Mustika Jaya dikonfirmasi terkait pengakuan Yayan Sopiandi, membantah jika sudah menegur Yayan.

Saya tidak tahu soal perusahaan itu. Dan saya tidak kenal dengan Yayan Sopiandi yang katanya Kepala Seksi Trantib Kecamatan Bekasi Selatan, ujarnya. (Agus S)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!