Cara Memanfaatkan Liburan Panjang Secara Maksimal

redaksi.co.id - Cara Memanfaatkan Liburan Panjang Secara Maksimal Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba, artinya kamu akan memiliki sejumlah hari libur yang cukup panjang. Hal...

18 0

redaksi.co.id – Cara Memanfaatkan Liburan Panjang Secara Maksimal

Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba, artinya kamu akan memiliki sejumlah hari libur yang cukup panjang. Hal ini tentu akan membuat kamu bersemangat, kan?

Menikmati masa liburan yang panjang tentu akan memberi kamu kebebasan untuk liburan ke tempat-tempat wisata yang mungkin saja belum pernah kamu datangi sebelum ini. Waktu liburan yang panjang juga akan memberi kamu keleluasaan untuk melakukan berbagai hal yang selama ini tidak sempat kamu lakukan. Namun, semua hal tersebut pasti akan membutuhkan perencanaan yang matang, sebab jika tidak dilakukan dengan terencana, maka bisa-bisa liburan panjang kamu akan suram dan berakhir di rumah saja.

Liburan viaworldofwanderlust.com

Hal pertama yang wajib kamu lakukan saat akan menjalani liburan panjang adalah menyusun rencana. Kamu harus mengetahui dengan jelas ke mana dan apa saja yang akan kamu lakukan selama liburan nanti. Dengan begitu kamu akan bisa melakukan berbagai persiapan untuk liburan tersebut.

Jarang-jarang kan, orang menghabiskan masa liburan panjang di rumah saja? Hal seperti itu pasti akan membosankan, jadi rencanakan sebuah perjalanan selama masa liburan nanti dan kamu bisa bersenang-senang dan melupakan sejenak segala rutinitas kamu di tempat kerja. Jangan menyusun rencana yang tidak masuk akal, artinya terlalu sulit untuk kamu realisasikan. Pikirkan dan rencanakan saja sebuah liburan yang akan membuat kamu bahagia, sehingga kamu bisa menikmatinya nanti.

Anggaran Liburan via sandierpastures.com

Liburan tentu akan membutuhkan sejumlah dana, dan kamu harus menyusun anggaran yang tepat untuk hal tersebut. Hitung dan siapkan dana liburan kamu sejak beberapa bulan sebelumnya, atau kamu bisa menggunakan sejumlah uang tabungan kamu untuk hal ini. Jangan membuat anggaran yang jumlahnya berada di luar kemampuan keuangan kamu yah, ingat, sepulang liburan kamu masih akan tetap membutuhkan uang untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Sesuaikan rencana perjalanan kamu dengan jumlah anggaran yang kamu miliki, agar keuangan tetap aman meski kamu pergi melakukan liburan panjang. Jangan lupa untuk selalu membuat sejumlah dana cadangan / dana darurat, ini akan sangat penting jika sewaktu-waktu anda kekurangan dana atau biaya liburan melampaui budget yang telah kamu tentukan sejak awal.

Setelah rencana dan dana liburan kamu sesuai, maka saatnya mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Persiapan yang matang, akan membuat liburan kamu lebih menyenangkan. Lakukan beberapa poin di bawah ini, agar kamu bisa memanfaatkan masa liburan panjang kamu dengan baik:

Sebelum bepergian liburan, maka akan sangat tepat jika kamu telah menyesuaikan jadwal perjalanan kamu dengan cuti yang kamu miliki dari kantor. Ini sangat penting untuk kamu cermati sejak awal, jangan sampai pekerjaan kamu terganggu karena sejumlah jadwal perjalanan yang tidak sesuai dengan masa cuti yang kamu miliki.

Jika ternyata kamu mengambil sejumlah masa liburan yang lebih panjang dari cuti yang diberikan, maka pastikan kamu mengajukan cuti tambahan dan mendapatkannya dengan segera. Namun selalu ingat bahwa pekerjaan kamu di kantor tetap menjadi prioritas, artinya sesuaikan liburan kamu dengan cuti yang kamu dapatkan dari kantor. Jangan pernah mengambil resiko untuk bolos atau tidak masuk kantor karena liburan kamu yang panjang, tindakan seperti ini sangat tidak profesional.

Liburan yang panjang akan selalu identik dengan sejumlah wisatawan yang memenuhi tempat-tempat wisata. Ketahui dengan jelas keinginan kamu akan sebuah destinasi wisata, ada banyak orang yang menginginkan tempat ramai sebagai tempat liburan, namun sebagian lainnya justru senang menikmati liburan di tempat yang sepi dan tenang. Lalu, kamu suka yang mana?

Pilih destinasi wisata yang paling tepat untuk liburanmu, sehingga masa liburanmu menyenangkan dan tidak sia-sia belaka. Jangan berkunjung ke suatu tempat wisata yang kamu tidak yakin bisa menikmatinya, sebab yang orang suka belum tentu kita akan suka juga.

Siapkan perjalanan liburan kamu sejak awal, agar kamu bisa tenang dan tidak melakukannya dengan terburu-buru. Membeli tiket penerbangan secara mendadak akan sangat berisiko membuat liburan kamu batal, bahkan sudah pasti kamu harus membayar sejumlah harga yang jauh lebih mahal. Itu pemborosan.

Bukan hanya tiket pesawat saja, kamu juga harus mempersiapkan penginapan / hotel yang akan kamu gunakan sejak jauh-jauh hari. Cari dan temukan sebuah hotel yang paling tepat untukmu, gunakan fasilitas internet untuk mencari berbagai informasi mengenai hal ini. Jangan mudah tergoda dengan sejumlah penawaran menarik dan yang lainnya, selalu pertimbangkan kenyamananmu selama menginap di sana dengan melihat beberapa hal, seperti: keamanan, kebersihan, pelayanan, lokasi, harga, dan berbagai hal lainnya yang kamu anggap perlu.

4. Lakukan Penghematan untuk Masa Liburan yang Panjang

Liburan yang panjang, juga akan membutuhkan sejumlah biaya yang besar. Ayo, berhemat. Agar liburan kamu tetap berjalan dengan baik hingga hari terakhir nanti, maka kamu harus bisa berhemat dan menggunakan setiap sen uangmu dengan bijak. Namun bukan berarti kamu tidak menikmati liburan ini dengan baik ya.

Kamu bisa berhemat dengan mengurangi jalan-jalan naik taksi, sesekali cobalah berjalan kaki menyusuri tempat wisata di sore atau pagi hari. Tidak membeli oleh-oleh dan benda lainnya dengan berlebihan, kamu cukup membeli beberapa yang perlu dan kamu butuhkan saja. Tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk berbagai hal yang tidak perlu, seperti: memesan makanan yang terlalu banyak ketika makan, membeli aneka cemilan yang ternyata tidak bisa kamu habiskan.

Namun selalu ingat bahwa dalam perjalanan ada beberapa hal yang tidak bisa dihemat berlebihan, misalnya: biaya tiket masuk tempat wisata, biaya makan, biaya , dan yang lainnya. Lakukan penghematan yang masuk akal saja.

Mendatangi tempat baru tentu akan membuatmu bersemangat untuk menikmati beragam kuliner di sana. Ini bisa menjadi salah satu kegiatan liburan kamu, terutama jika kamu menyukai dunia kuliner dan senang berburu kuliner yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Meski kegiatan ini akan mengeluarkan sejumlah uang milikmu, namun kamu bisa memilih dan menikmati aneka kuliner yang enak dan murah di tujuan wisata kamu. Jangan sia-siakan smartphone kamu, gunakan itu untuk menemukan aneka kuliner yang enak dan murah, dan kamu bisa mencobanya tanpa perlu memboroskan sejumlah uang yang banyak.

Mau berhemat lagi? Kamu bisa mendatangi berbagai tempat wisata gratis di tempat liburan kamu. Jangan gengsi dan selalu menghabiskan sejumlah uang untuk mengakses , tempat wisata gratis juga banyak yang bagus dan menarik, dan kamu harus mencoba ini di liburan nanti.

Satu lagi langkah hemat yang bisa kamu lakukan untuk menikmati liburan panjang, yakni liburan bersama dengan teman-teman. Ini sudah pasti menyenangkan, sebab kamu bisa seru-seruan dengan mereka dan bahkan bisa hemat-hematan dan berbagi berbagai biaya perjalanan. Liburan dengan teman akan memberi kamu kesan yang berbeda, sebab kamu bisa berbagi banyak hal dengan mereka.

Ketika akan menghabiskan liburan panjang dengan teman-teman, kamu tentu akan membutuhkan sebuah rencana liburan bersama, di mana segala sesuatunya akan disesuaikan dengan kondisi kamu dan teman-temanmu. Perencanaan liburan ini tentu harus lebih kompleks lagi, sebab kalian akan mempertimbangakan kebutuhan dan juga berbagai hal lainnya secara keseluruhan, bukan sendiri-sendiri lagi. Tapi tidak usah khawatir, liburan yang ramai bersama teman-teman biasanya akan selalu lebih menyenangkan.

Liburan yang panjang seringkali menjadi saat-saat yang membosankan, itu jika kamu hanya menghabiskannya di rumah saja. Susun sebuah rencana perjalanan yang menarik untuk liburan panjangmu, sesuaikan dengan dana dan juga cuti yang kamu miliki. Persiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik, sehingga kamu bisa menikmati liburan panjang yang menyenangkan. Jika memungkinkan, akan lebih seru dan hemat bila kamu pergi liburan bersama dengan teman-teman kamu yang lainnya. Datangi tempat wisata yang kamu inginkan, dan nikmati liburan panjang yang berkesan dan menyenangkan.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!