4 Keuntungan Belanja Pakai Kartu Kredit Saat Mudik

redaksi.co.id - 4 Keuntungan Belanja Pakai Kartu Kredit Saat Mudik Mudikadalah kegiatan wajib yang harus dijalani menjelang Lebaran nanti. Sudah jadi tradisi, masyarakat yang tinggal di...

32 0

redaksi.co.id – 4 Keuntungan Belanja Pakai Kartu Kredit Saat Mudik

Mudikadalah kegiatan wajib yang harus dijalani menjelang Lebaran nanti. Sudah jadi tradisi, masyarakat yang tinggal di perkotaan untuk bekerja atau berdagang, akan pulang kampung terlebih dulu.

Saat mudik ada banyak hal yang biasanya dibawa oleh para pemudik ke kampung halamannya masing-masing. Baik itu makanan, pakaian dan hal lainnya yang memang diperlukan saat menjelang lebaran nanti.

Hal tersebut menjadi pengeluaran yang cukup ekstra dan bahkan ada sebagian orang yang berlebihan dalam hal pengeluaran saat menjelang mudik tersebut.

Istilah over budget mungkin cocok diterapkan untuk para pemudik yang memiliki pengeluaran ekstra saat menjelang hari raya, karena membeli segala hal secara tunai.

Padahal setelah hari raya usai, kebutuhan anda pastinya masih banyak. Saat uang tunai anda sudah terkuras habis untuk pengeluaran selama mudik ini, tampaknya kartu kredit akan hadir sebagai solusi dari masalah ini.

Memang benar, penggunaankartu kredit itu memang enak di awal, namun kurang enak di saat menerima tagihan cicilannya nanti, tapi selama mudik, sepertinya kita akan mendapat beberapa keuntungan jika menggunakan kartu kredit.

Simak keuntungan menggunakan kartu kredit saat mudik, sebagai berikut seperti dikutip dari www.cermati.com, Sabtu (2/7/2016):

1. Lebih Terorganisir

Saat mudik, selalu saja ada satu barang yang perlu anda beli, terutama makanan dan minuman. Saat kumpul keluarga besar, dan tidak sengaja pergi ke kafe atau mall, tentunya tidak mungin jika hanya anda saja yang bisa makan enak sendirian.

Ada beberapa keluarga anda yang juga ingin ikut menikmati momen kebersamaan lebaran tersebut. saat seperti itu, penggunaan kartu kredit bisa membantu.

Dengan kartu kredit, setidaknya kita bisa mengetahui, berapa uang yang keluar untuk transaksi yang dilakukan dalam jumlah yang jelas. Selain itu, akan ada bukti transaksi pembayarannya.

Cobalah bandingkan budget tersebut dengan uang tunai yang dikeluarkan jika saja kartu kredit tidak ada.

2. Lebih Aman

Menggunakan kartu kredit saat mudik juga akan lebih aman. Dapat dibayangkan, saat hari raya lebaran, sebagian besar orang juga pergi ke tempat liburan yang ada di dekat kampung halamannya. Area sekitar tempat wisata juga akan ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin berlibur.

Pusat perbelanjaan di sekitar sana juga sering ramai dikunjungi. Anda perlu berhati-hati jika membawa uang kas dalam jumlah besar ke tempat-tempat seperti itu. Agar lebih aman, kartu kredit bisa digunakan sebagai alat bantu transaksi keuangan anda.

Dapat dibandingkan jika Anda membawa uang tunai sebesar 10 juta dalam dompet atau tas, kemudian pergi ke tempat yang cenderung ramai dikunjungi seperti tempat-tempat wisata tadi, kemudian dompet Anda tiba-tiba hilang atau dicopet oleh orang yang tidak bertanggung jawab, uang tersebut akan hilang tidak tersisa.

Lain halnya dengan kartu kredit, sekalipun kartunya hilang, jumlah uang pinjamannya tidak akan hilang. Anda hanya perlu melapor kehilangan saja pada pihak Bank, Bank terkait akan segera menggantinya dengan kartu yang baru.

3. Lebih Hemat

Menjelang Ramadan dan hari raya, biasanya pihak Bank terkait yang menerbitkan kartu kredit sering menawarkan promo menarik di mercant tertentu yang terdapat logo bank tersebut. Promo dan diskon yang ditawarkan cukup menarik, terutama diskon untuk produk minuman dan makanan siap saji.

Jika membeli secara tunai, mungkin akan lebih mahal, tapi karena menggunakan kartu kredit, harga tersebut bisa didiskon lagi.

Manfaatkan program dan diskon menarik tersebut, agar Anda lebih hemat selama mudik. Selain itu, transaksi keuangan lebih mudah, tanpa harus lama mengantri di counter. Selain promo, biasanya setiap pembelian maksimal, anda juga bisa mendapat cashback dari transaksi yang Anda gunakan.

Pastikan Pendapatan Anda Cukup Untuk Cicilan Bulan Depan

Tampaknya, menggunakan kartu kredit tidak selalu akan merugikan nasabahnya, jika memang digunakan sesuai keperluan dan dalam keadaan mendesak, seperti kegiatan mudik ini misalnya.

Kartu kreditini hanya digunakan saat kita merasa ingin lebih praktis, aman dan cepat dalam bertransaksi. Jangan lupa untuk memperhitungkan terlebih dulu, berapa pendapatan anda per bulannya dan apakah bisa menutupi cicilannya di bulan depan, atas transaksi yang dilakukan selama mudik tersebut. (Ahm/Ndw)

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!