Menteri Jonan: 90 Persen Bus AKAP Siap Antar Pemudik

redaksi.co.id - Menteri Jonan: 90 Persen Bus AKAP Siap Antar Pemudik Kementerian Perhubungan menyatakan hampir seluruh bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) sudah memenuhi syarat untuk...

29 0

redaksi.co.id – Menteri Jonan: 90 Persen Bus AKAP Siap Antar Pemudik

Kementerian Perhubungan menyatakan hampir seluruh bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) sudah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai alat transportasi mudik. Bus AKAP sudah siap 90 persen, ujar Menteri Perhubungan Ignasius Jonan usai memberi sambutan dalam pelepasan mudik oleh Kemenhub di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, hari ini, 2 Juli 2016.

Kementerian Perhubungan telah memeriksa sekitar 12 ribu dari total 14 ribu bus. Dari jumlah yang sudah diperiksa itu, sekitar 12 ribu bus dinyatakan dalam kondisi siap untuk digunakan karena telah memenuhi lima item prasyarat dari Kemenhub untuk menjadi transportasi mudik.

Lima item itu adalah rem kaki maupun tangan berfungsi dengan baik, speedometer berfungsi dengan baik, kaca tidak boleh ada yang pecah, seat belt pengemudi berfungsi, dan kondisi ban depan tidak boleh divulkanisir ulang.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan menggelar rapat evaluasi terhadap kesiapan angkutan darat, khususnya bus dalam masa mudik tahun ini.

Staf Khusus Menteri Perhubungan bidang Keterbukaan Informasi Publik Hadi Djuraid mengatakan rapat tersebut diadakan Jumat malam, 1 Juli 2016. Sebelumnya kan diberi waktu sampai 24 Juni 2016, kemudian diperpanjang, malam ini evaluasinya, kata Hadi saat ditemui di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Juli 2016.

Hadi mengatakan per 24 Juni 2016, kondisi bus yang sudah memenuhi syarat yang ditentukan Kemenhub baru 75 persen saja. Kondisi ini, menurut dia, terlihat saat inspeksi mendadak yang dilakukan Menteri Perhubungan ke Terminal Bus Kampung Rambutan, beberapa waktu lalu.

Dalam masa mudik Lebaran 2016, jumlah bus yang disiapkan sebanyak 46.478 unit, atau naik sekitar 1.607 bus. Sedangkan jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai angka 17,6 juta orang. BAGUS PRASETIYO

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!