Penumpang Melonjak, PT KCJ Berlakukan Tiket Harian PP

redaksi.co.id - Penumpang Melonjak, PT KCJ Berlakukan Tiket Harian PP PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) menerapkan kebijakan Tiket Harian Berjaminan Pulang Pergi (THB PP) mulai...

30 0

redaksi.co.id – Penumpang Melonjak, PT KCJ Berlakukan Tiket Harian PP

PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) menerapkan kebijakan Tiket Harian Berjaminan Pulang Pergi (THB PP) mulai hari ini, Ahad, 3 Juli 2016.

Humas PT KCJ Eva Chairunisa mengatakan kebijakan tersebut diberlakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diprediksi mencapai 30 persen pada masa angkutan lebaran.

“Kami mengantisipasi kepadatan penumpang di sejumlah stasiun tujuan dan mempermudah pengguna jasa yang tetap ingin menggunakan tiket harian,” kata Eva dalam keterangan tertulisnya, Ahad, 3 Juli 2016.

Menurut Eva, dengan adanya kebijakan tersebut diharapkan dapat mengurangi antrean penumpang di loket stasiun. Secara fisik, kata dia, tidak ada perbedaan bentuk antara tiket THB PP dengan tiket THB yang selama ini berlaku pada perjalanan KRL.

“Hanya secara sistem tiket tersebut bisa diisi tarif untuk dua kali perjalanan pulang pergi,” katanya.

Dia mencontohkan penumpang dari stasiun Bogor dengan tujuan Jakarta Kota kini selain dapat membeli tiket relasi Bogor-Jakarta Kota, dapat sekaligus membeli tiket perjalanan untuk pulang ke stasiun asal (relasi Jakarta Kota Bogor). Eva mengatakan transaksi hanya dapat dilakukan di loket THB.

“Vending Machine (C-Vim) belum dapat melayani transaksi tersebut,” ujar dia.

Jika penumpang melakukan tap in dan tap out di stasiun yang sama, maka seluruh tarif perjalanan PP akan hangus. Tiket PP juga tidak dapat digunakan apabila pengguna jasa KRL naik pada stasiun yang tidak sesuai dengan relasi pada THB PP.

“THB PP dapat dibatalkan di loket dengan ketentuan pembelian tarif dan jaminan,” katanya.

Selain penerapan THB PP, PT KCJ kali ini juga meluncurkan Kartu Multi Trip (KMT) edisi lebaran. Edisi ini hanya dicetak sebanyak 5.000 kartu dan dijual terbatas mulai tanggal 6 10 Juli 2016 di Stasiun Bogor, Tebet, Manggarai, Jakarta Kota, Tanah Abang dan Tangerang. KMT itu bisa diperoleh dengan harga Rp 50.000 dan sudah termasuk saldo kartu senilai Rp 30.000. GHOIDA RAHMAH

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!