7 Negara dengan Standar Hidup Tertinggi di Dunia

redaksi.co.id - 7 Negara dengan Standar Hidup Tertinggi di Dunia Standar hidup suatu negara tentunya mewakili kesejahteraan hidup dari warga negaranya. Selama ini, standar hidup suatu...

102 0

redaksi.co.id – 7 Negara dengan Standar Hidup Tertinggi di Dunia

Standar hidup suatu negara tentunya mewakili kesejahteraan hidup dari warga negaranya. Selama ini, standar hidup suatu negara dihitung berdasarkan Produk Domestik Bruto, atau besarnya nilai jual produk domestik dari negara tersebut.

Mengutip dari Business Insider, ternyata ada faktor lain penentu standar hidup suatu negara seperti kebutuhan dasar hidup (kesehatan, sanitasi, dan rumah), peningkatan taraf hidup (edukasi, dan teknologi), hingga kebebasan (kebebasan berbicara, dan saling toleransi).

Faktor-faktor ini kemudian diukur, dan dihitung dengan nilai tertinggi 100 untuk standar hidup tertinggi. Berdasarkan perhitungan tersebut, berikut 7 negara dengan standar hidup tertinggi.

1. Finlandia

Dengan skor 90,09, Finlandia membuktikan diri sebagai negara dengan standar hidup tertinggi di dunia. Nilai dari kebutuhan dasar, peningkatan taraf hidup, hingga kebebasan diri mencapai nilai tertinggi dari perhitungan yang dilakukan.

Jika Anda berencana untuk pindah ke sana agar lebih sejahtera, jangan lupa membawa mantel hangat, karena suhu udara di negara ini dapat mencapai 50 derajat celcius pada musim dingin.

2. Kanada

Sebagai negara dengan sedikit penduduk, sekitar 35 juta pendudk dan wilayah yang luas, Kanada menjadi negara terbaik untuk bermigrasi.

Tingkat kesehatan di kanada juga terbaik dibandingkan negara lainnya. Pendidikan dan kebebasan juga sangat diperhatikan negara ini. Tidak salah Kanada mendapatkan poin sebesar 89,49.

3. Denmark

Denmark memiliki sistem transportasi umum terbaik di dunia. Selain itu, Denmark juga memiliki pendapatan rata-rata yang tinggi, sehingga tidak heran negara ini berada di posisi 3 tertinggi dalam daftar ini.

Kebutuhan dasar, serta angka harapan hidup dari negara ini pun terbilang cukup tinggi, menyentuh angka 89,39.

4. Australia

Australia mendapatkan poin sebesar 89,13 dalam standar hidup di negara ini. Australia memiliki pendidikan yang luar biasa, banyak kesempatan kerja, dan penegakkan kebebasan diri. Rasa toleransi dari negara ini juga meraih poin yang tinggi.

5. Swiss

Dengan nilai 88,87, Swiss menjadi negara kelima dengan standar hidup tertinggi di dunia. Ibukota Swiss mungkin salah satu kota termahal untuk ditinggali, tetapi penduduk dari kota ini terbilang sejahtera.

Kesehatan, kebutuhan gizi dan nutrisi, serta akses terhadap berbagai sarana penunjang pendidikan yang membuat negara ini bersinar.

6. Swedia

Air dan sanitasi mungkin menjadi faktor pendukung ekonomi, tetapi banyak negara tidak memberikan pelayanan terhadap sanitasi dan air yang baik.

Swedia dapat dibayakan sebagai negara dengan pelayanan sanitasi dan air terbaik di dunia. Dengan nilai sebesar 99,77, negara Swedia juga memberikan perhatian penuh terhadap nutrisi dan hak pribadi warga negaranya.

7. Norwegia

Walaupun bukan bagian dari persekutuan Uni Eropa, Norwegia menunjukkan kekuatannya dalam meningkatkan kesejahteraan warga negaranya. Dengan nilai 88,70, negara Norwegia dapat dikatakan sebagai bagian dari 7 negara dengan standar hidup yang tinggi.

Norwegia menjamin nutrisi dan pelayanan kesehatan terhadap warganya. Selain itu, kebebasan berekspresi dan akses terhadap sarana penunjang pendidikan pun menjadi nilai tambah dalam standar hidup negara ini. (Aldo Lim/Ndw)

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!