Kisah Rekan Setim Rio Haryanto Raih Poin Perdana untuk Manor

redaksi.co.id - Kisah Rekan Setim Rio Haryanto Raih Poin Perdana untuk Manor GP Austria Formula 1 2016 di Sirkuit Red Bull Ring menjadi momen yang membahagiakan...

27 0

redaksi.co.id – Kisah Rekan Setim Rio Haryanto Raih Poin Perdana untuk Manor

GP Austria Formula 1 2016 di Sirkuit Red Bull Ring menjadi momen yang membahagiakan bagi Manor Racing. Tak hanya karena Pascal Wehrlein dan Rio Haryanto finis, Manor juga sukses meraup poin perdana lewat kehebatan Pascal.

Peningkatan yang diperlihatkan Manor semakin jelas saat F1 menggulir GP Austria, Minggu (3/7/2016). Setelah sekian lama, akhirnya Manor kembali mengantongi poin di F1. Sukses itu didapat setelah Pascal finis di posisi ke-10.

Sejak awal musim, grafik kinerja Manor bersama Pascal dan Rio memang terus meningkat. Mereka tak lagi mengalami kendala dengan mesin. Hanya saja, mereka memang kalah cepat dari tim-tim lain yang disokong kekuatan finansial lebih besar.

Karenanya, mereka pun dikenal sebagai tim yang hanya memprioritaskan untuk sekadar finis. Namun, Pascal mampu membuktikan bahwa penilaian itu tidak benar. Pembalap asal Jerman itu sukses menyumbang poin perdana buat Manor setelah dua tahun paceklik.

“Ini luar biasa. Saya sangat bahagia. Ini adalah salah satu akhir pekan terbaik. Kami pun bisa mengakhirinya dengan hadiah fantastis untuk semua orang. Ini sangat penting. Bukan hanya soal apa artinya bagi posisi kami. Tapi, ini adalah proses langkah demi langkah,” tutur Pascal seperti dilansir Facebook Manor.

Sejatinya, Pascal memang sudah menunjukkan kecepatan terbaiknya sejak latihan bebas. Bahkan, ia mampu menembus kualifikasi kedua. Pada akhirnya, ia sukses mengamankan start dari urutan ke-12. Saat balapan, Pascal pun sempat menempati posisi terakhir seusai masuk pit.

Pascal mampu memaksimalkan berbagai kejutan yang terjadi di GP Austria. Salah satunya, balapan sempat dihentikan di lap ke-29 akibat insiden yang dialami pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Dengan konsistensi yang ditunjukkan, Pascal pun mampu menembus ke posisi ke-10 saat menyentuh garis finis. Ia sedikit terbantu dengan kesialan yang menimpa enam pembalap hingga gagal finis. Namun, Pascal mampu mempecundangi Esteban Gutierrez, Jolyon Palmer, Felipe Nasr, Kevin Magnussen, Marcus Ericsson, hingga Rio yang finis di posisi buncit.

“Pada satu titik, saya merasa cukup kesal. Kami tak cukup beruntung dengan strategi kami terkait munculnya safety car. Saya baru saja masuk pit, ketika keluar saya di posisi terakhir. Namun, perasaan saya tetap menyenangkan. Kami berjuang dengan ban soft hingga finis,” kata Pascal.

Bagi Manor, ini adalah poin perdana mereka sejak musim 2014. Sebelumnya, terakhir kali Manor meraih poin saat mendiang Jules Bianchi finis di urutan kesembilan GP Monaco 2014.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!