Negara Teluk Umumkan 1 Syawal Jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016

102

redaksi.co.id – Negara Teluk Umumkan 1 Syawal Jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016

Negara-negara Teluk Arab mengumumkan bahwa 1 Syawal 1437 Hijriah atau Lebaran hari pertama jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016. Di negara-negara Teluk, ini menandai perayaan Hari Raya Idul selama tiga hari dan menjadi penanda telah berakhirnya bulan suci Ramadan.

Kantor berita resmi Pemerintah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirates Arab, Bahrain, dan Kuwait, yang mengutip pernyataan Kementerian Agama negara masing-masing pada Senin waktu setempat, menyebutkan bahwa Lebaran hari pertama akan jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016. Penetapan itu dilakukan setelah hilal tak terlihat pada Senin kemarin.

Terlihatnya hilal ini menandakan dimulainya perayaan Idul Fitri di negara-negara Teluk selama tiga hari. Dimulainya Hari Raya Idul Fitri bisa berbeda-beda setiap tahun di berbagai negara, tergantung letak geografis negara itu.

Hari Raya Idul Fitri berarti berakhirnya bulan puasa dan bulan suci Ramadan. Dan hari raya ini merupakan hari libur nasional di mayoritas negara-negara Muslim di dunia. Yemen, Indonesia, dan Filipina juga termasuk negara-negara yang mengumumkan bahwa 1 Syawal 1437 H jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016.

Menteri Agama Indonesia Lukman Hakim Syaifuddin kemarin mengumumkan bahwa tanggal 1 Syawal 1437 jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016. Hal ini disebabkan tak adanya hilal yang terlihat pada Senin, 4 Juli 2016, di 90 titik yang tersebar di seluruh Nusantara. AL JAZEERA | GRACE S GANDHI

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!