Tak Mau Kelilit Utang Usai Lebaran? Lakukan 5 Hal Ini

redaksi.co.id - Tak Mau Kelilit Utang Usai Lebaran? Lakukan 5 Hal Ini Tidak ada orang yang menginginkan hidupnya terbelenggu utang. Seringkali, jeratan utang terjadi karena ketidakmampuan...

7 0

redaksi.co.id – Tak Mau Kelilit Utang Usai Lebaran? Lakukan 5 Hal Ini

Tidak ada orang yang menginginkan hidupnya terbelenggu utang. Seringkali, jeratan utang terjadi karena ketidakmampuan seseorang mengendalikan keinginan dan minimnya pengetahuan dalam mengelola keuangan.

Anda dapat menghindari terbebas dari jeratan utang dengan memangkas pengeluaran yang ada.

Melansir laman Lifehack,berikut beberapa hal lain yang dapat dilakukan agar hidup terbebas dari jeratan utang seperti ditulis Selasa (5/7/2016):

1. Buat rencana

Pengelolaan keuangan yang baik dimulai dari perencanaan yang baik. Untuk itu, Anda harus memulai semuanya dengan membuat rencana yang matang.

Coba buat anggaran pengeluaran yang baik, dengan begitu urusan keuangan Anda juga dapat teratur lebih baik.

2. Bayar utang yang punya jumlah paling besar

Apabila Anda memiliki utang yang belum dibayar, maka cobalah untuk membayar utang yang memiliki nominal paling besar. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah mengalokasikan uang yang lain.

3. Mengurangi makan di luar

Kondisi finansial yang baik terjadi apabila ada dana tabungan yang cukup. Menambah pundi-pundi tabungan bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Anda dapat mencoba menghemat dengan mengurangi frekuensi makan di restoran. Sebagai gantinya, cobalah untuk membuat makanan Anda sendiri.

4. Cari pekerjaan sampingan

Selain pundi-pundi tabungan yang harus tersedia, pendapatan yang Anda miliki pun harus bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Apabila pendapatan yang Anda miliki sekarang masih dan belum mencukupi, Anda bisa mencoba untuk mencari pekerjaan tambahan.

5. Jual barang yang tidak dipakai

Selain mencari pekerjaan sampingan, menjual barang yang tidak dipakai pun merupakan satu cara tepat yang dapat Anda lakukan untuk mendapat pemasukan tambahan. Langkah ini juga merupakan cara cepat untuk mendapatkan uang. (Vna/Ndw)

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!