Alasan Biaya Hidup di Perth Termahal di Selatan Khatulistiwa

redaksi.co.id - Alasan Biaya Hidup di Perth Termahal di Selatan Khatulistiwa Ibu kota negara bagian Australia Barat, Perth, telah dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termahal...

23 0

redaksi.co.id – Alasan Biaya Hidup di Perth Termahal di Selatan Khatulistiwa

Ibu kota negara bagian Australia Barat, Perth, telah dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termahal di belahan selatan Khatulistiwa dan nomor 22 termahal di seluruh dunia. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan secara rutin oleh Numbeo.com , untuk sekali makan di sebuah restoran tidak terlalu mewah di Perth dibutuhkan uang sebanyak 15 dolar Australia atau setara Rp 150.000.

Sementara jajan di McDonalds per orang bisa menghabiskan 10 dolar (Rp 100.000). Survei ini mendata harga sayur, daging, telur, ongkos transportasi umum, bahan bakar, sewa rumah/apartemen per bulan, baju, serta rerata pengeluaran bulanan. Per Juli 2016, biaya makan di restoran di Perth 31,1 persen lebih mahal daripada di Sydney. Secara keseluruhan ongkos hidup di kota yang pernah sangat melejit ekonominya berkat industri tambang itu 1,82 persen lebih tinggi daripada di Sydney, lebih tinggi dibandingkan kota manapun di Australia.

Menurut Numbeo , pengeluaran seorang lajang di kota ini mencapai Aus$ 1.257 per bulan. Sedangkan untuk keluarga dengan dua anak akan menghabiskan Aus$ 4.522, belum termasuk biaya sewa akomodasi. Temuan menarik lainnya adalah ternyata di Perth, harga sebungkus rokok merek Marlboro termahal nomor dua di dunia dari keseluruhan 409 kota yang disurvei.

Harga sebungkus rokok mencapai 25 dolar atau Rp 250.000. Pemeringkatan biaya hidup ini disusun berdasarkan pendapat dari ratusan responden, sehingga terkadang data harga tidak bisa benar-benar mencerminkan pengeluaran riil seseorang yang tinggal di kota tersebut. Sebagai contoh, harga satu kilogram pisang di Perth disebut Aus$ 4,25.

Padahal di banyak toko besar dan pasar tradisional harga buah itu hanya berkisar Aus$ 1 atau 2. Demikian pula dengan komponen sewa apartemen per unit/rumah. Apartemen tiga kamar di luar pusat kota Perth disebut mencapai Aus$ 1.882 per bulan. Pada kenyataannya, berkat melesunya pasar properti dan menurunnya angka mahasiswa yang terdaftar di lima universitas di Perth, harga sewa tahun ini turun sangat signifikan. Penurunan terjadi bahkan hingga Aus$ 200 per bulan, tergantung lokasi, fasilitas rumah, dan durasi kosongnya properti tersebut.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!