4 Tips Bagi Lulusan Baru yang Belum Bekerja

78

redaksi.co.id – 4 Tips Bagi Lulusan Baru yang Belum Bekerja

Banyak para lulusan baru yang belum mendapatkan pekerjaan, mungkin agak khawatir dengan masa depan mereka. Jika Anda berpikiran bahwa Anda satu-satunya orang yang merasa khawatir tentang hal tersebut, tenanglah.

Anda bukanlah satu-satunya orang yang merasa khawatir menganggur di kemudian hari. Lulusan baru yang belum mendapat pekerjaan, mungkin saja belum membuka pemikiran mereka dan menemukan kesempatan bekerja yang tepat.

Mengutip dari Forbes, berikut empat tips bagi lulusan baru yang belum bekerja:

1. Perbaiki CV Anda

Tidak mempunyai pengalaman kerja bukanlah penyebab CV Anda jelek. Banyak perusahaan yang menerima lulusan baru, walaupun minim pengalaman.

Banyak perusahaan yang mempekerjakan lulusan baru berdasarkan keaktifan organisasinya, dan pengalaman mereka dalam berkompetisi.

Selain itu, lulusan baru yang belum bekerja, diperhitungkan perusahaan karena memiliki fleksibilitas waktu yang tinggi, dan dapat bekerja kapan saja.

2. Jangan Menyerah

Jika Anda ingin melamar di suatu perusahaan, dan lamaran perusahaan tersebut sudah ditutup, Anda tidak boleh menyerah. Atau ketika Anda sudah melamar perusahaan tersebut, tapi belum dipanggil untuk wawancara kerja, Anda masih harus berusaha.

Cobalah bertanya ke bagian HRD perusahaan tentang sistematika untuk bekerja di sana. Anda juga dapat mencoba mengirim CV kembali, karena mungkin saja lamaran Anda sebelumnya belum terbaca oleh pihak HRD.

3. Jangan Takut Minim Pengalaman

Jangan terkecoh dengan kriteria calon pekerja yang membutuhkan pengalaman minimal 1-3 tahun. Banyak perusahaan yang masih membuka kesempatan bagi lulusan baru yang minim pengalaman.

Anda bisa meyakinkan calon perusahaan Anda untuk mempekerjakan Anda dengan memperlihatkan kemampuan yang Anda miliki, serta pengalaman magang yang pernah Anda jalani.

4. Teruslah Mencari

Alasan Anda masih belum menerima pekerjaan, karena mungkin saja Anda hanya terfokus mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar.

Anda tidak perlu takut bekerja di perusahaan kecil atau perusahaan start-up, karena bekerja di perusahaan ini akan menambah pengalaman Anda dan membuat Anda berkembang. (Aldo Lim/Ndw)

(red/usland/argarito/RM)

loading...

Comments

comments!