Laporan Pertandingan: Portugal 2-0 Wales

redaksi.co.id - Laporan Pertandingan: Portugal 2-0 Wales Portugal mengakhiri dongeng indah Wales dengan kemenangan 2-0 dan memesan satu tempat di final Euro 2016. Ronaldo jadi bintangnya!Portugal...

37 0

redaksi.co.id – Laporan Pertandingan: Portugal 2-0 Wales

Portugal mengakhiri dongeng indah Wales dengan kemenangan 2-0 dan memesan satu tempat di final Euro 2016. Ronaldo jadi bintangnya!

Portugal mengakhiri dongeng indah Wales lewat kemenangan 2-0 disemi-final Euro 2016, Kamis (7/7) dini hari WIB. Dalam pertandinganini, Seleccao memastikan langkahnya ke final berkat gol dariCristiano Ronaldo dan Luis Nani.

Tanpa kehadiran Aaron Ramsey, Chris Coleman menerapkan formasi5-3-2. Wales mencoba merapatkan barisan belakang, sementara GarethBale diberi peran untuk berkeliaran. Di sisi lain, Portugalmemainkan formasi 4-1-2-1-2. Tanpa kehadiran Pepe, yang cedera saatpemanasan, Fernando Santos menduetkan Bruno Alves dengan JoseFonte.

Pertandingan tentu tidak berjalan baik bagi Wales di menit-menitawal. Tanpa Ramsey, Red Dragons sama sekali tak punya genggaman atas kuasa lini tengah. Portugal pun dengan mudah mengklaim bola dan mendistribusikan ke penjuru lapangan. Portugal dominan.

Kesulitan menguasai lini tengah, Wales lebih memaksimalkan kedua sayap. Deretan peluang lewat serangan balik sempat tercipta. Sudah pasti Bale yang berperan, tapi sepakan kaki kirinya masih melebar beberapa meter di samping gawang Rui Patricio.

Situasi yang kaku dan buntu tercipta di sisa babak pertama.Ronaldo yang mendapat kawalan ketat hanya mampu membuahkan satu peluang. Itu pun diawal oleh umpan silang Raphael Guerrero dan sundulan Ronaldo meleset karena kawalan ketat dari James Chester.

Namun Portugal, tepatnya Ronaldo, menjadi sosok yang berbeda di paruh kedua. Baru lima menit laga bergulir, mega bintang Real Madrid itu berhasil memenangkan duel udara dan menyambut umpan silang Guerrero. Kali ini sundulannya mengarah tepat ke gawang dan gagal dihalau Wayne Hennessey. Gol kesembilan Ronaldo selama kariernya di Euro, menyamai rekor Michel Platini.

Gol sundulan Ronaldo ke gawang Wales.

Pertahanan Wales tampaknya goyah setelah gol cepat itu terjadi.Jelas saja, situasi ini dimaksimalkan oleh Ronaldo. Pemenang Ballond’Or tiga kali ini kembali menunjukkan kemampuannya, tapi kali ini bukan soal gol, melainkan assist untuk Nani. Ronaldo menghindari kawalan bek Wales, lalu mengirim bola ke depan gawang yang langsung dibelokkan Nani.

Dua gol dalam tiga menit itu sontak meruntuhkan Wales yang sebelumnya sekadar goyah. Red Dragons semakin takluk dalam perebutan bola dan kreasi peluangnya mulai macet. Bale terlihat beberapa kali memegang kepalanya, sementara tak ada pemain Wales lain yang mampu menciptakan keajaiban.

Terdesak, Bale hanya mampu melepaskan tembakan geledek dari jarak jauh. Dua peluang diciptakan oleh bintang Real Madrid itu, tapi dua peluang pula mampu diamankan oleh Rui Patricio. Wales semakin tak berdaya seiring berjalannya waktu.

Portugal, sebaliknya, justru berusaha menciptakan gol ketiga. Seleccao nyaris mewujudkan itu di menit akhir lewat serangan balik dan Joao Mario hanya tinggal berhadapan dengan Hennessey. Sayang,sudut sempit yang tersisa hanya mampu mengirim bola ke arah sang kiper. Bola sempat lepas dari genggaman, tapi belum melewati garis gawang Wales.

Peluit panjang pun dibunyikan. Dongeng Wales berakhir, namun keberanian laskar Chris Coleman patut diacungi jempol. Portugal mengembalikan performanya di saat yang tepat dan pantas mendapatkan satu tiket ke final. Tim Fernando Santos kini tinggal menunggu hasil laga Jerman kontra Prancis.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!