BMKG Resmikan Aplikasi Pantau Cuaca untuk iOS

redaksi.co.id - BMKG Resmikan Aplikasi Pantau Cuaca untuk iOS Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meresmikan aplikasi pemantau cuaca berbasis iOS yang dapat diunduh gratis di...

34 0

redaksi.co.id – BMKG Resmikan Aplikasi Pantau Cuaca untuk iOS

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meresmikan aplikasi pemantau cuaca berbasis iOS yang dapat diunduh gratis di Apple Store.

Sebelumnya BMKG telah merilis aplikasi serupa, tetapi diperuntukkan bagi gawai Android. Informasi yang diberikan lebih lengkap, ujar Deputi Instrumen Kalibrasi Rekayasa dan Jaringan Komunikasi Untung Merdiyanto dalam siaran pers yang diterima Tempo , Selasa, 4 Juli 2016.

Untung mengatakan, di dalam aplikasi ini akan ditampilkan beragam produk informasi cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi, serta peringatan dini cuaca yang terjadi di Indonesia.

Di dalam aplikasi ini juga terdapat sejumlah fitur mengenai informasi BMKG. Fitur-fitur tersebut, antara lain, informasi cuaca berdasarkan lokasi, prakiraan cuaca dalam tiga hari di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, kualias udara di beberapa kota di Sumatera dan Kalimantan.

Selain itu terdapat pula informasi perihal gempa bumi terkini yang tengah dirasakan disertai jarak titik gempa dengan lokasi pengguna, informasi soal peringatan dini, dan informasi terkini secara resmi dari BMKG.

Menurut Untung, informasi cuaca berdasarkan lokasi pengguna dan informasi jarak kejadian gempa bumi dengan lokasi pengguna merupakan keunggulan aplikasi ini. Terlebih, semua terintegrasi dalam satu aplikasi. Ia berharap, setelah soft launching aplikasi berbasis iOS, masyarakat dapat berperan serta memberikan saran untuk pengembangan aplikasi ini.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan menjadikan informasi BMKG sebagai acuan untuk berpergian, berwisata dan berlibur. Aplikasi ini juga sebagai sarana mitigasi kebencanaan untuk masyarakat dalam mengurangi dampak atau resiko bencana, katanya. BAGUS PRASETIYO

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!