Temukan Uang Rp 2,5 Miliar, Sopir Jujur Kembalikan ke Pemilik

107

redaksi.co.id – Temukan Uang Rp 2,5 Miliar, Sopir Jujur Kembalikan ke Pemilik

Jika menemukan uang setara senilai Rp 2,5 miliar, apa yang kita lakukan? Menyimpannya karena menganggap itu bagian dari rejeki yang diterima? Menyumbangkan ke badan amal?

Ketika hal itu terjadi pada seorang sopir taksi di Boston, pria itu memutuskan untuk mengembalikan uang tersebut melalui pihak yang berwenang, demikianlah cerita yang dikutip dari CNN pada Kamis (7/7/2016).

Raymond MacCausland (72), dikenal dengan nama julukan “Buzzy” menurunkan seorang penumpang pada Sabtu sore lalu di Boston. Namun ia tidak menyangka menemukan sesuatu yang tertinggal dalam taksinya.

Di kursi belakang taksinya ada sebuah tas punggung berisi uang dalam jumlah besar. Menurut kepolisian Boston, uang ini milik seorang tunawisma yang baru saja mendapatkan warisan.

Apa alasan MacCauslandjujur mengembalikan uang itu? Ia menjelaskan, “Saya dibesarkan seperti itu. Saya diminta melakukan hal yang benar.”

Menurut polisi, sopir yang berpengalaman sekitar 50 tahun itu menemukan ada uang dalam tas ketika sedang mencari kartu identitas. Saat mengangkut penumpang tersebut, penumpang itu meminta berhenti dan ditunggui di sebuah motel selama 5 menit.

Setelah setengah jam berlalu, MacCausland mulai khawatir. Ia masuk ke motel dan menanyai petugas meja tentang pria penumpangnya, tapi petugas hotel mengaku tidak melihat orang yang dimaksud. Ia kembali ke taksinya dan menemukan uang itu.

PolisiBoston menghubungi motel dan menemukan pria tadi serta memastikan bahwa uang itu memang miliknya, demikian menurut petugas bernama Rachel McGuire.

Pria itu baru saja mengambil warisannya dan memiliki tanda terima, demikian menurut McGuire. Polisi merencanakan mengembalikan uangnya pada Selasa lalu.

Komisaris Polisi William Evans mengatakan, “Sopir yang sederhana ini menunjukkan teladan dan sikap jujurnya pantas dihargai. Tindakannya merupakan standar tinggi yang kami harapkan dari para pengemudi.”

Ketika polisi Boston menanyakan pria pemilik uang tentang pemberian hadiah kepada MacCausland, ia memberikan US$ 100 (Rp 1,3 juta). MacCausland menanggapi, “Itulah yang saya dapat untuk mengembalikan dompet yang hilang.”

(red/ochman/rief/RA)

loading...

Comments

comments!