Simak 4 Hal Penting Sebelum Beli Rumah

redaksi.co.id - Simak 4 Hal Penting Sebelum Beli Rumah Rumah adalah tempat berlindung kita semua dari panas, hujan dan perubahan musim yang sering berganti. Memiliki rumah...

31 0

redaksi.co.id – Simak 4 Hal Penting Sebelum Beli Rumah

Rumah adalah tempat berlindung kita semua dari panas, hujan dan perubahan musim yang sering berganti. Memiliki rumah adalah kebutuhan yang sebaiknya dipenuhi.

Rumah yang layak huni tentunya akan lebih nyaman dan melindungi kita sekeluarga juga menjadi tempat kita melakukan segala aktivitas rumahan.

Untuk memiliki rumah, tampaknya bukan merupakan hal mudah bagi sebagian orang. Perlu mempertimbangkan beberapa hal hingga akhirnya bisa mendapatkan rumah sendiri yang sesuai keinginan.

Sebelum memiliki rumah sendiri, biasanya ada beberapa cara yang ditempuh sebagian orang. Cara tersebut ditentukan oleh kemampuan keuangannya sendiri dari mulai mengontrak rumah kecil, menyewa apartemen hingga akhirnya bisamembeli rumah sendiri.

Semua ini memerlukan perencanaan dan pertimbangan yang baik, agar kelak kita bisa mendapatkan tempat tinggal atau rumah yang sesuai kemampuan kita dan kalaupun harus dicicil itu tidak akan terlalu membebani kita.

Apa saja yang menjadi hal penting yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan membeli rumah,

1. Kemampuan Keuangan

Kemampuan keuangan tiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis pekerjaan dan penghasilan yang mereka dapatkan.

Dalam hal membeli rumah, penting untuk memperhatikan kemampuan keuangan masing-masing, supaya tidak memberatkan jika suatu saat harus mencicil atau membayarnya secara tunai.

Membeli rumah juga tidak cukup hanya sekedar membeli rumahnya saja, anda juga harus memikirkan masalah pengeluaran yang nantinya akan muncul sebagai akibat dari membeli rumah sendiri.

Setelah membeli rumah, mulai aka nada pengeluaran rutin seperti membayar tagihan listrik, air PAM, internet, TV berlangganan, termasuk membayar cicilan rumah (jika memang membeli secara kredit). Pengeluaran ini perlu dipersiapkan dan diperhitungkan.

Jika setelah dihitung, ternyata pengeluaran ini sangat besar dan tidak sesuai dengan pendapatan anda, sebaiknya tidak usah membeli rumah dulu.

2. Tanggungan Lainnya

Setelah memperhitungkan pengeluaran yang ada jika hendak membeli rumah, dan ternyata masih mampu anda bayar, jangan lupa untuk mempertimbangkan tanggungan lainnya, seperti biaya pendidikan anak (yang masih berjalan), cicilan kredit ke leasing dan tanggungan lainya yang anda keluarkan sebagai pengeluaran rutin.

Hitung kembali, jika ternyata jumlahnya terlampau besar, sebaiknya niat untuk membeli rumah anda tunda dulu.

3. Pertimbangkan Kriteria Rumah

Membeli rumah untuk tinggal tentunya tidak hanya sebuah rumah saja, tapi juga harus memenuhi kriteria rumah yang layak huni dan sehat tentunya. Perlu mempertimbangkan beberapa hal ini dalam memilih rumah:

Apakah Lingkungannya Nyaman?

Lingkungan yang nyaman sebagai tempat tinggal, tentunya sangat diperlukan agar hidup di rumah jauh lebih tenang.

Apakah Lokasinya Strategis?

Lokasi strategis juga penting untuk dipertimbangkan. Anda tentu ingin punya rumah yang dekat dengan berbagai fasilitas dan sarana yang diperlukan.

Berapa Harga Pasarannya?

Ketahui berapa harga pasaran rumah yang hendak akan dibeli. Hal ini penting agar saat membelinya, harga yang didapat sesuai dengan kenyataan yang ada.

4. Proses Pembelian Rumah

Hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah adalah mengetahui proses pembelian rumahnya.

Jika memang ingin membeli secara kredit, dengan KPR, hitung berapa cicilan dan bunga yang akan ditanggung nantinya. Jika harga cicilan KPR nya cukup ringan, anda juga pertimbangkan untuk bisa membeli perlengkapan lainnya.

Namun, jika terlampau besar tentunya Anda sesuaikan dengan pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Jangan sampai saat tempo tagihan pembayaran nanti, anda malah tidak bisa membayar.

Ambil KPR yang Paling Ringan Bunga dan Cicilannya

Jika sudah memutuskan untukmembeli rumah lewat KPR, dengan terlebih dulu sudah mempertimbangkan dan memperhitungkan segala pengeluaran, ambillah KPR dengan tingkat bunga yang paling rendah. Jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan pihak Bank terkait untuk cicilan per bulannya, dengan tenor dan cicilan yang sesuai kemampuan keuangan Anda. (Ahm/Ndw)

*Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!