Aplikasi Ini Bantu Anda Deteksi Kebohongan

121

redaksi.co.id – Aplikasi Ini Bantu Anda Deteksi Kebohongan

Sebuah pengembang teknologi menciptakan aplikasi pendeteksi kebohongan. Aplikasi yang bisa digunakan orang tua, guru, dan pasangan itu dipasang bagi para pengguna perangkat pintar yang kita miliki.

Aplikasi tersebut mampu mendeteksi aliran darah di wajah untuk mengetahui benar atau tidak seseorang berkata sesuatu. Pengembang aplikasi itu mengatakan, pendeteksi tersebut dapat digunakan bagi pasangan kencan untuk mengetahui ketertarikan sang pasangan.

Aplikasi tersebut dapat digunakan orang tua untuk mengetahui anaknya berbohong atau tidak, dan guru dapat menggunakan aplikasi itu untuk mengetahui muridnya dapat dipercaya atau tidak.

Pengembang aplikasi itu adalah Toronto startup NuraLogix. Aplikasi yang mereka buat bernama Transdermal Optical Imaging.

Gagasan penciptaan aplikasi tersebut berdasarkan landasan sains yang mengungkapkan, emosional seseorang akan membentuk aliran darah pada wajah seseorang. Berbeda emosional, berbeda pula aliran darah pada wajah yang terbentuk, dan kita tak bisa mengontrol sifat alamiah tersebut.

Pola gambar yang terbentuk akan berubah ketika kita mengatakan suatu kebenaran atau kebohongan. Menggunakan praktek kamera pada ponsel, aplikasi itu akan mendeteksi perubahan warna kulit dan aliran darah pada wajah untuk dibandingkan dengan standarisasi hasil yang sudah ada.

Ilmuwan syaraf, Kang Lee, yang telah meneliti bidang tersebut selama 20 tahun mengatakan pendeteksi wajah tersebut akan menunjukkan tentang kebenaran seperti dilansir laman Daily Mail belum lama ini.

(red/ainin/adziroh/LN)

loading...

Comments

comments!