Senang Berbelanja Online, Perhatikan 6 Hal Ini

155

redaksi.co.id – Senang Berbelanja Online, Perhatikan 6 Hal Ini

Kegiatan belanja online sedang digandrungi masyarakat. Faktanya, pada awal 2016 ini, tempat belanja online berkembang 8,1 persen dari tahun sebelumnya.

Kenaikan minat berbelanja online ini terjadi karena banyak masyarakat yang merasa nyaman berbelanja lewat dunia maya.

Selain kemudahan akses, belanja online dipercaya dapat menemukan produk murah dengan penawaran menarik. Dengan banyaknya pilihan, para calon pembeli dapat memilih barang-barang berdasarkan gaya, merk, maupun warna yang mereka sukai.

Namun, perhatikan 6 hal ini saat Anda berbelanja online, seperti melansir Lifehack.com, Minggu (10/7/2016):

1. Selalu Perhatikan Detail Barang

Saat ini, banyak calon pembeli yang membeli suatu produk berdasarkan gambar produk tersebut. Seringkali, calon pembeli tidak memperhatikan detail dari produk tersebut. Jangan terkecoh dengan gambar yang menarik, karena belum tentu barang asli akan berbentuk demikian.

2. Cek Biaya Pengiriman

Jangan lupa cek biaya pengiriman, karena bisa saja Anda mendapatkan biaya pengiriman yang lebih murah, dengan kualitas yang sebanding. Biaya pengiriman biasanya ditentukan dari lokasi, ukuran barang, dan waktu pengiriman. Beberapa toko online bahkan menerapkan pengiriman gratis apabila barang yang dibeli memenuhi kapasitas tertentu.

3. Bandingkan Harga Produk sejenis

Dengan membandingkan harga dari suatu produk, Anda dapat mendapatkan produk terbaik dengan harga terbaik.

Ketika beberapa orang berusaha mencari produk dengan harga miring, beberapa orang lainnya percaya akan kualitas produk sesuai dengan harganya. Di sini, Anda sebagai calon pembeli dituntut untuk mendapatkan produk dan harga yang berkualitas.

4. Baca Ulasan Produk

Jangan lupa membaca ulasan produk pada saat Anda berbelanja online. Banyak pembeli memberikan ulasan yang dapat dipercaya dan sesuai dengan fakta tentang suatu produk.

5. Ketahui Hak Anda

Setiap website e-commerce dan toko online memiliki kebijakan tersendiri terhadap produk yang mereka jual. Sebagai seorang pembeli, hak Anda mengetahui kebijakan refund dan retur dari toko online tersebut.

6. Berhati-hatilah Terhadap Berbagai Kecurangan dan Penipuan

Terakhir, jangan sampai Anda tertipu dan dicurangi toko online. Berhati-hatilah dalam memasukkan informasi pribadi Anda, seperti nomor kartu kredit atau debit, dan kata sandi.

Untuk mengetahui website berbelanja online yang terpercaya, Anda dapat menggunakan Google Trusted Stores untuk melakukan verifikasi terhadap situs belanja online.

(red/ris/ahyudianto/AW)

loading...

Comments

comments!