Heboh Timor Leste Rayakan Kemenangan Portugal di Euro 2016

redaksi.co.id - Heboh Timor Leste Rayakan Kemenangan Portugal di Euro 2016 Portugal berhasil memenangkan final pertandingan Euro 2016mengalahkan tuan rumah, Prancis 1-0. Seperti dilansir dari Aljazeera,...

34 0

redaksi.co.id – Heboh Timor Leste Rayakan Kemenangan Portugal di Euro 2016

Portugal berhasil memenangkan final pertandingan Euro 2016mengalahkan tuan rumah, Prancis 1-0. Seperti dilansir dari Aljazeera, Senin (11/7/2016), gol berhasil diraih oleh penyerang pengganti,Eder,di penambahan waktu.

Portugal berhasil memenangkan pertandingan bergengsi ini kendati harus “kehilangan” kapten mereka, Cristiano Ronaldo, akibat terluka di awal pertandingan.

Kemenangan Portugal itu rupanya membuat dunia bersorak. Tak terkecuali negeri bekas jajahannya yang nun jauh berada di khatulistiwa,Timor Leste.

Adalah mantan orang nomor satu di Bumi Loro Sae, Xanana Gusmao, yang telah meminta warganya untuk menonton pertandingan final. Di alun-alun kota di Dilitersedia layar lebar. Spanduk bertuliskan “Orang Timor Leste Antar Portugal ke Final Euro 2016” pun membentang.

“Kita semua ke sini bukan cuma orang-orang pemerintahan, tapi semua, seluruh masyarakat Timor Leste ingin melihat Portugal menang Piala Eropa,” kata Xanana Gusmao seperti dilansir dariLusa.

Di Dili Convention Centerjuga tersedia layar lebar agar para pejabat tinggi negeri itu turut menyaksikan pertandingan bersejarah. Menurut Kepala Dewan Menteri,Tama Laka Aquita,kepada Liputan6.com, Xananasendiri yang mengorganisir nonton bersama.

“Setelah mengorganisir nonton bareng di Dili Convention Center DCC untuk menyaksikan Portugal versus Prancis, Xanana memerintahkan semua mobil dan sepeda motor berbaris dan melakukan pawai keliling ibu kota Dili,” ujar pria yang dahulu memiliki nama samaran “NunoCarvelo”.

Setelah menang, rakyat Dilibersama Xanana turut berpawai sepanjang jalan.

“Dilimacet total karena semua rakyat turun ke jalan berpawai dan bergembira,” ucap Tama.

Jalanan di Dili dipenuhi bendera Timor Leste. Xanana pun turut turun ke jalan, bersorak merayakan Portugal.

Ini adalah gelar juara Piala Eropa pertama sepanjang sejarah Portugal. Negara itu butuh 35 pertandingan di Piala Eropa untuk bisa menjadi raja Eropa untuk kali pertama.

Portugaljuga mencatatkan diri sebagai tim pertama sepanjang sejarah yang bisa juara Piala Eropa setelah gagal menang di laga penyisihan grup.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!