5 Trik Jitu Minta Kenaikan Gaji ke Bos Anda

109

redaksi.co.id – 5 Trik Jitu Minta Kenaikan Gaji ke Bos Anda

Apakah Anda sudah bekerja selama bertahun-tahun di perusahaan Anda tetapi belum mendapat kenaikan gaji? Atau, apa Anda menerima kenaikan gaji yang sedikit?

Gaji yang tinggi dan selalu naik, tentunya dambaan setiap orang. Mengutip dari Business Insider, berikut lima tipsmeminta kenaikan gaji:

1. Lakukan riset

Anda perlu melakukan riset tentang gaji rata-rata di perusahaan tempat Anda bekerja, serta gaji karyawan dengan pengalaman dan keahlian yang Anda miliki di perusahaan lain. Anda bisa mencari informasi di situs-situs online, dan bertanya gaji rekan kerja Anda.

Dengan melakukan riset sebelumnya, Anda akan tahu seberapa besar gaji Anda seharusnya, sehingga Anda tidak akan meminta kenaikan gaji yang terlalu sedikit maupun terlalu banyak.

2. Jelaskan apa yang Anda telah lakukan untuk perusahaan

Jika Anda adalah karyawan yang selalu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan datang tempat waktu, tentunya menjelaskan diri Anda berguna untuk perusahaan sangat mudah dibuktikan.

Anda harus datang ke atasan Anda dan menjelaskan berbagai hal yang Anda telah lakukan untuk kemajuan perusahaan dan timbal-balik yang Anda inginkan.

Anda juga harus mengingatkan bahwa tidak mudah menemukan karyawan dengan keahlian, pengalaman, kualifikasi, serta penghargaan yang telah Anda dapatkan.

3. Berlatih

Sebelum Anda memasuki ruangan atasan untuk meminta kenaikan gaji, Anda perlu melakukan beberapa latihan terlebih dahulu. Anda harus berlatih berbicara dan berkomunikasi dengan atasan Anda dengan sikap percaya diri, dan dengan suara yang lantang.

Selain itu, pesan yang Anda berikan harus singkat, jelas, dan padat, tanpa menyinggung perasaan atasan Anda tersendiri. Anda dapat berlatih di depan kaca dan membayangkan wajah atasan Anda, setiap hari, sebelum waktu negosiasi tiba.

4. Minta keuntungan lainnya, selain kenaikan gaji

Gaji Anda bukanlah satu-satunya hal yang dapat Anda minta. Jika Anda sudah berani melakukan negosiasi, Anda harus mencoba meminta keuntungan lain seperti cuti tambahan, atau kesempatan mendapatkan pelatihan kerja.

Hal ini berguna apabila atasan Anda tidak menyetujui jumlah gaji yang Anda inginkan, Anda dapat bernegosiasi agar pihak perusahaan memberikan keuntungan lainnya.

5. Ingatlah kenaikan gaji tidak akan membuat perusahaan Anda bangkrut

Banyak karyawan saat ini merasa tidak nyaman, dan takut untuk meminta kenaikan gaji. Pada umumnya, mereka takut bahwa penawaran mereka akan ditolak dan posisi mereka di perusahaan tersebut akan terancam.

Satu hal yang perlu Anda ingat, keuntungan perusahaan tentunya cukup banyak, meminta kenaikan gaji 5 % tidak akan membuat perusahaan merugi. (AldoLim/Ndw)

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

loading...

Comments

comments!