Upayakan Pembebasan ABK WNI, Jokowi Hubungi Presiden Duterte

redaksi.co.id - Upayakan Pembebasan ABK WNI, Jokowi Hubungi Presiden Duterte Pemerintah berupaya keras untuk membebaskan, tujuh WNI ABK Charles 001 yang disandera kelompok bersenjata di perairan...

21 0

redaksi.co.id – Upayakan Pembebasan ABK WNI, Jokowi Hubungi Presiden Duterte

Pemerintah berupaya keras untuk membebaskan, tujuh WNI ABK Charles 001 yang disandera kelompok bersenjata di perairan Filipina Selatan sejak akhir Juni lalu. Berbagai jalan ditempuh, termasuk yang dilakukan Presiden JokoWidodo(Jokowi) berikut ini.

Mantan Wali kota Solo itu mengutus Menlu Retno Marsudi ke Manila untuk bertemu dengan pemerintah baru Filipina yang kini dipimpin oleh RodrigoDuterte.

Terkait lawatannya ke Manila, Menlu Retno menjelaskan ia telah bertemu dengan sejumlah pejabat tinggi Filipina, termasuk MenluPerfecto Yasay.

“Tanggal 1 Juli, hari pertama sejak pemerintahan Filipina yang baru. Saya berada di Manila untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Filipina,” ujar Retno di kantor Kemlu, Senin (11/7/2016).

“Dalam pertemuan itu saya sampaikan surat presiden RI kepada Presiden Filipina, yang intinya pertama tentu menyampaikan ucapan selamat, harapan agar hubungan baik kedua negara akan dapat lebih ditingkatkan, dan secara khusus dalam surat itu disampaikan Presiden RI meminta perhatian khusus terhadap masalah penyanderaan WNI,” ujar dia.

Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi juga kembali menghubungi PresidenDuterte.

Komunikasi terbaru dengan Presiden Filipina itu ditujukan untuk kembali mengingatkan Filipina soal pesan-pesan yang ada dalam surat Jokowi terdahulu.

“Pada 7 Juli lalu, Presiden RI telah melakukan komunikasi dengan Presiden Filipina dan mengulangi pesan yang telah disampaikan dalam surat itu,” imbuhnya.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!