Tembus Rekor, Hong Kong Dihujam 10 Ribu Petir Dalam 12 Jam

redaksi.co.id - Tembus Rekor, Hong Kong Dihujam 10 Ribu Petir Dalam 12 Jam Sebanyak 10 ribu petir menghujam Hong Kong dalam jangka waktu 12 jam pada...

20 0

redaksi.co.id – Tembus Rekor, Hong Kong Dihujam 10 Ribu Petir Dalam 12 Jam

Sebanyak 10 ribu petir menghujam Hong Kong dalam jangka waktu 12 jam pada Sabtu (9/7/2016) hingga Minggu (10/7/2016).

Kejadian yang dikatakan mencetak rekor itu menjadi sebuah fenomena yang mengejutkan pada akhir pekan itu, terlebih bagi para ahli meteorologi.

Observatorium Hong Kong menyebut jumlah sambaran petir itu tergolong sangat tinggi untuk terjadi di negara itu pada musim panas ini.

Menurut data yang diperoleh, setelah lebih dari lima jam saja, tercatat sudah ada 5.905 petir yang menyambar hingga ke tanah.

Kebanyakan menghantam di daerah Pulau Lantau dan diketahui bermuatan sekitar 4.095 bolt, terus menghantam hingga Minggu pagi.

Berdasarkan penjelasan para ahli meteorologi, tingginya temperatur pada Sabtu itu menimbulkan konveksi atau perpindahan panas.

“Panas dari tanah naik ke udara dan menciptakan atmosfer udara yang tak stabil, sehingga menimbulkan hujan dan petir,” kata mereka.

Jumlah sambaran petir itu dikatakan telah mengalahkan rekor terakhir pada Juli 2005 lalu, di mana dalam 24 jam terjadi 9.966 sambaran petir di negara tersebut. (Inquirer/CNA)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!