Jumlah Penumpang Turun, Jonan: Bus Harus Layak Jalan

redaksi.co.id - Jumlah Penumpang Turun, Jonan: Bus Harus Layak Jalan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan penyedia jasa transportasi angkutan umum bus harus berbenah. Ini karena penumpang...

21 0

redaksi.co.id – Jumlah Penumpang Turun, Jonan: Bus Harus Layak Jalan

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan penyedia jasa transportasi angkutan umum bus harus berbenah. Ini karena penumpang bus dari tahun ke tahun semakin turun. “Turunnya parah, kira-kira sampai tujuh persen,” kata Jonan di Terminal Bungurasih Sidoarjo, Senin, 11 Juli 2016. Menurut Jonan, pengusaha bus harus menaikkan pelayanan penumpangnya.

Oleh karena itu, dia akan berbicara kepada para pengusaha bus dalam waktu dekat ini untuk menerapkan standar pelayanan bus. “Saya tak akan biarkan bus ditinggal penumpangnya,” katanya. Perbaikan yang dimaksud Jonan adalah setiap bus harus memperbaiki standar keselamatan, terutama pengemudi dan penumpang. “Keselamatan harus utama,” ujarnya.

Selain itu, kelayakan bus harus diperhatikan. Jangan sampai pengusaha bus tidak merawat bus dengan baik. “Pokoknya semua bus harus layak jalan,” katanya. Jika pelayanan bus sudah baik, Jonan yakin penumpang akan kembali memilih jasa layanan ini. “Saya akan sangat sedih sekali jika bus sampai tak ada,” ujarnya. Selain itu, menurutnya, keberadaan bus bagi Indonesia masih sangat penting. Ini karena tidak mungkin semua penumpang bisa diangkut oleh kereta api, pesawat maupun kapal. ” Wong Amerika yang maju saja masih perlu bus, Indonesia jelas masih butuh,” katanya.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!