10 Pemain Terbaik Sepanjang Masa Barcelona

redaksi.co.id - 10 Pemain Terbaik Sepanjang Masa Barcelona Barcelona tidak diragukan merupakan satu di antara klub terbaik di dunia pada saat ini. Klub yang berdiri pada...

42 0

redaksi.co.id – 10 Pemain Terbaik Sepanjang Masa Barcelona

Barcelona tidak diragukan merupakan satu di antara klub terbaik di dunia pada saat ini. Klub yang berdiri pada tahun 1899 ini telah menjadi rumah bagi para pesepakbola andal. Bergabung bersama Barcelona dianggap sebagai penghargaan tertinggi oleh para pesepak bola.

Blaugrana telah mengoleksi 24 gelar La Liga dan lima trofi Liga Champions. Sementara itu, Raksasa asal Catalunya tercatat sebagai pemegang rekor pengoleksigelar Copa del Rey terbanyak dengan 28 gelar.

Tak pelak Barcelonamenjadi magnet tersendiri bagi para pemain hebat di dunia untuk bergabung.Banyak pemain terbaik dunia yang memaksa klub tempat mereka bernaung untuk mau melepas mereka ke Barcelona, yaitu Thierry Henry, Zlatan Ibrahimovic, Cesc Fabregas dan lainnya.

Tak hanya itu saja, Barcelonajuga memiliki La Masia, akademi yang sukses mencetak banyak bintang berkelas dunia. LionelMessi, Pedro Rodriguez, Thiago Alcantara, XaviHernandez, dan AndresIniestamenjadi contohnya.

Sejak pertama berdiri, Barcelonatelah melahirkan banyak pemain legenda. Berikut adalah sepuluh pemain terbaik Barcelona sepanjang masa:

1. Lionel Messi

Lionel Messi merupakan satu di antara pesepakbola terbaik yang ada di dunia saat ini. Lima gelar Ballon d’Or dan empat gelar Liga Champions menjadi bukti ketangguhannya sebagai pesepakbola.

Pemain asal Argentina ini merupakan top scorer klub sepanjang masa. Messi berhasil melewati sejumlah pemain legenda seperti Cesar Alvarez dan Laszlo Kubala.

2. Laszlo Kubala

Laszlo Kubala merupakan satu-satunya pemain Eropa yang pernah membela tiga negara, yaitu Cekoslovakia, Hungaria dan Spanyol. Kubala mencatatkan 256 penampilan pada turnamen kompetitif dan mencetak 194 gol.

Ia berseragam Blaugrana dari tahun 1950 hingga tahun 1961 dan mempersembahkan empat trofi La Liga. Kubala kerap dibandingkan dengan Messi, karena mempunyai teknik dribel yang hebat pada zamannya.

3. Xavi Hernandez

Xavi Hernandez merupakan jenderal lapangan tengah terbaik yang pernah dimiliki oleh El Barca. Ia merupakan produk La Masia dan telah berada di klub sejak berusia 11 tahun. Xavi tumbuh dengan mengidolakan beberapa pemain Inggris seperti John Barnes, Paul Gascoigne dan Matt Le Tissier.

Selama 17 musim membela Barcelona, Xavi mencatatkan 767 penampilan dan 85 gol. Ia turut mengantarkan Barcelona meraih delapan gelar La Liga dan empat gelar Liga Champions.

4. Ronaldinho

Ronaldinho pernah mendapat predikat sebagai pemain terbaik dunia karena peformanya yang memukau. Sebagai pesepak bola Brasil, Ronaldinho mempunyai teknik tinggi dalam mengolah bola, tidak jarang para penonton dibuat terpukau karena aksinya melewati beberapa pemain.

Selain handal mendribel bola, Ronaldo juga mempunyai akurasi tinggi dalam mengeksekusi set pieces. Selama berseragam Barcelona, pemain asal Brasil ini mempersembahkan dua gelar La Liga dan satu gelar Liga Champions.

5. Rivaldo

Vitor Borba Ferreira atau yang lebih dikenal dengan panggilan Rivaldo pernah menjadi jantung permainan Barcelona pada periode 1997-2002. Rivaldo mempersembahkan dua gelar La Liga untuk Barcelona.

Selain itu, ia juga meraih Ballon d’Or tahun 1999 saat masih berseragam Barcelona. Selama lima musim berseragam Blaugrana, Rivaldo mencatatkan 199 penampilan dan 106 gol.

6. Andres Iniesta

Andres Iniesta merupakan produk La Masia, sama seperti Messi dan Xavi. Iniesta bukanlah pencetak gol handal namun ia mempunyai spesialiasi dalam menghubungkan antar lini. Iniesta adalah sosok yang bersahaja dan jauh dari masalah.

Ia hanya fokus terhadap performanya di lapangan agar bisa membantu Barcelona meraih hasil maksimal. Iniesta saat ini masih menjadi bagian penting dari Barcelona.

7. Hristo Stoichkov

Legenda Bulgaria, Hristo Stoichkov, pernah berada di Barcelona selama tujuh musim. Ia mempersembahkan delapan trofi (enam trofi La Liga & dua trofi Liga Champions) selama berseragam Barcelona. Ia mencatatkan 217 penampilan dan mencetak 105 gol.

8. Josep Guardiola

Josep Guardiola merupakan legenda Barcelona. Ia pernah memberikan prestasi baik itu sebagai pemain maupun sebagai pelatih. Guardiola terkenal sebagai pekerja keras dan mentor bagi Xavi. Guardiola mencatatkan 366 penampilan bersama Barcelona dan mengantarkan klub meraih tujuh trofi mayor.

9. Johan Cruyff

Kedatangan Johan Cruyff ke Barcelona pada tahun 1973 menjadi penanda akhir dari dominasi Real Madrid di La Liga Spanyol. Pada musim perdananya bersama Blaugrana, Cruyff langsung mempersembahkan trofi La Liga bagi Barcelona.

10. Michael Laudrup

Michael Laudrup merupakan penerus Johan Cruyff di Barcelona. Ia menjadi aktor utama dalam tim impian Blaugrana. Didatangkan dari Juventus pada tahun 1989, Laudrup mempersembahkan empat trofi La Liga dan satu trofi Liga Champions untuk Barcelona.

Pertikaiannya dengan Cruyff mendorongnya untuk hengkang ke Real Madrid pada tahun 1994.

Sumber: Berbagai Sumber

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!