Daftar Manusia Pertama yang Tewas karena Suatu Hal

redaksi.co.id - Daftar Manusia Pertama yang Tewas karena Suatu Hal Kematianmerupakan keniscayaan, yang menjadi akhir dari kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia. Sebagian besar orang meyakini bahwa...

18 0

redaksi.co.id – Daftar Manusia Pertama yang Tewas karena Suatu Hal

Kematianmerupakan keniscayaan, yang menjadi akhir dari kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia. Sebagian besar orang meyakini bahwa peristiwa tersebut menjadi awal untuk memasuki kehidupan di alam berikutnya.

Penyebab kematian pun bermacam-macam, baik karena penyakit, kecelakaan, pembunuhan, maupun hukuman mati.

Namun apakah Anda pernah berpikir siapa saja orang yang pertama kali meninggal akibat kecelakaan maupun hukuman mati tertentu?

Dikutip dari Oddee, Selasa (12/7/2016), berikut orang-orang yang pertama kali meninggal akibat peristiwa tertentu, mulai dari kecelakaan, hukuman mati, hingga perang.

1. Kecelakaan Mobil Self-Driving

Seorang mantan pasukan khusus Angkatan Laut AS asal Ohio, Joshua Brown, memposting video dirinya sedang berada di dalam mobil self-driving–dapat berjalan sendiri– Model S keluaran Tesla dalam mode autopilot.

Dengan keterbatasan teknologi Model S, Joshua menjadi korban pertama dalam kecelakaanmobil self-driving tersebut.

Kendaraan itu melaju di bawah truk trailer dan menabrak tiang telepon.

2. Hukuman Mati di Kursi Listrik

Kursi listrik dibuat untuk membuat hukuman mati menjadi lebih manusiawi, namun penggunaan awalnya sangat mengejutkan.

William Kemmler merupakan orang pertama yang dihukum mati dengan menggunakan alat tersebut atas kasus pembunuhan istrinya sendiri.

Pada 6 Agustus 1890, ia menghadapi hukuman mati dengan duduk di kursi listrik. Ia disetrum selama 17 detik dengan aliran 1.000 volt.

Karena pada percobaan pertama ia belum meninggal, petugas melakukannya untuk kali kedua dan menyebabkan tubuhnya terbakar, darah pun keluar dari matanya.

3. Tragedi Hoverboard

Skateboard elektriktersebut dilarang digunakan di jalan umum Inggris karena dianggap berbahaya. Pada awal Desember 2015, Nawaf Al-Tuwayan (15 tahun), menggunakan papan tersebut untuk membeli susu.

Saksi mata mengatakan, Nawaf tampak tak seimbang dan jatuh di tengah jalan. Remaja asal Inggris itu tertabrak bus tingkat dan terseret sejauh 182 meter.

4. Tertabrak Meteorit

Seorang pengemudi bus bernama V Kamaraj menjadi orang pertama yang meninggal akibat meteorit. Pada 6 Februari 2016, batu angkasa luar itu jatuh di Tamil Nadu, India.

Peristiwa itu merenggut nyawa Kamaraj dan melukai 3 orang lainnya, serta menyebabkan lubang sedalam 1,2 meter di tanah.

NASA mengatakan, meninggalnya sopir itu sejauh ini merupakan satu-satunya peristiwa kematian akibat meteorit yang tercatat dalam sejarah.

5. Kecelakaan Pesawat

Orville dan Wilbur Wright atau dikenal dengan Wright Bersaudara sering dikaitkan dengan penemuan pesawat pada masa modern.

Namun hanya sedikit yang tahu bahwa Orville terkait dengan tewasnya seorang penumpang.

Thomas Selfridge yang merupakan petugas di US Army Signal Corps, sedang menyelidiki perjalanan udara untuk keperluan militer. Pada 17 September 1908, Selfridge merupakan penumpang yang dipiloti oleh Orville.

Nahasnya, baling-baling pesawat yang ditumpanginya terbelah dan menyebabkan burung besi itu menukik tajam dan jatuh. Orville terluka parah namun dapat pulih, sedangkan Selfridge mengalami keretakan tengkorak dan meninggal beberapa jam kemudian.

6. Perempuan Pertama yang Tewas dalam Kecelakaan Mobil

Seorang ilmuwan amatir, May Ward, merupakan penumpang automobile — mobil klasik bermesin– pertama yang meninggal dalam sebuah perjalan pada 31 Agustus 1869.

Ia terlempar ketika kendaraan tersebut melaju di sebuah tikungan dan tubuhnya menghantam salah satu roda.

7. Meninggal di Angkasa Luar

Soyuz 11 merupakan pesawat pertama yang berhasil melakukan perjalanan ke stasiun angkasa luar pertama, Salyut 1, yang diluncurkan oleh Uni Soviet pada 1971.

Kru pesawat tersebut, Georgy Dobrovolsky, Vladislav Volkov, dan Viktor Patsayev sempat menghabiskan waktu selama 22 hari di sana.

Namun ketika mencoba kembali, kabin mereka tiba-tiba mengalami penurunan tekanan (dekompresi). Mereka ditemukan meninggal dengan darah keluar dari hidung ketika kapsul tersebut tiba di Bumi pada 30 Juni 1971.

8. Euthanasia

Euthanasia adalah pembunuhan yang disengaja, dengan menghilangkan suatu hak pengobatan yang seharusnya didapatkan oleh pasien — agar dapat meninggal secara wajar.

Hingga saat ini metode tersebut masih menjadi kontroversi.

Euthanasia pertama kali dilakukan secara legal di Northern Territory, Australia. Orang pertama yang menjalani hukuman tersebut adalah Bob Dent, pengidap kanker prostat.

Ia menghembuskan napas terakhirnya pada 22 September 1996 dengan bantuan Dr. Philip Nitschke.

9. Korban Perang Revolusi AS Pertama

Crispus Attucks merupakan anak laki-laki dari Prince Yonger, seorang budak Afrika, dan Nancy Attucks, penduduk asli Amerika.

Pada 5 Maret 1770, Crispus sedang makan di sebuah pub di Boston ketika pertarungan antara tentara Inggris dan Amerika mulai memuncak.

Walaupun penyebab kematiannya tak diketahui dengan jelas — beberapa orang mengatakan ia mengambil tongkat dan memimpin warga Boston untuk menghadapi pasukan Inggris di King Steet — Crispus menjadi salah satu dari lima orang yang ditembak oleh tentara Inggris dalam insiden bernama “Boston Massacre”.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!