Kunci Investasi Sukses Ala Warren Buffett

84

redaksi.co.id – Kunci Investasi Sukses Ala Warren Buffett

Warren Buffett dikenal sebagai salah satu investor paling sukses di dunia. Kepiawaiannya dalam berinvestasi tidak lagi perlu diragukan. Itulah mengapa pria satu ini berhasil menjadi miliarder.

Banyak orang yang ingin menelisik rahasia sukses investasi dari Warren Buffett. Melansir laman time.com, Senin (11/7/2016), Buffett mengungkap akan sangat baik bagi investor untuk menaruh uang mereka di dana indeks S&P 500. Hal ini karena indeks tersebut dapat mengikuti perkembangan pasar dalam waktu tertentu.

Hal tersebut Buffett sampaikan pada rapat tahunan Berkshire Hathaway. Ia menyebut investasi S&P yang ia tanam sejak 2008 hingga 2015 telah memberikan return sebanyak 44 poin menjadi 21,7 persen.

Buffett menjelaskan investor pasif dapat mendulang untung lebih baik dibanding mereka yang memilih jalur investasi yang hiperaktif. Seiring berjalannya waktu, investasi yang hiperaktif justru dapat semakin merugikan. Biaya yang dikeluarkan apabila berinvestasi hiperaktif terkadang lebih besar.

Investor yang menanam investasi pasif di indeks S&P 500 akan memiliki perkembangan yang baik sesuai dengan perkembangan industri Amerika Serikat. Rata-rata return yang dihasilkan dari investasi ini adalah 10 persen per tahun.

Cara yang dikemukakan oleh Buffett ini bisa dijalankan oleh seluruh investor. Bagi investor yang sudah terbiasa untuk melakukan riset pasar tersendiri, tidak harus mengikuti cara ini.

Namun investor membeli dan memegang saham unggulan untuk jangka panjang dengan pasif dinilai tidak tepat. Namun mereka memiliki potensi untuk mengalahkan pasar. Salah satu yang berhasil menerapkan yaitu Buffett.

Warren Buffett dikenal sebagai salah satu miliarder paling kaya di dunia. Daftar yang dilansir Forbes pada 2016 mendapuk pria ini sebagai orang nomor kaya ketiga di dunia.

Namun begitu, Buffett ternyata dikenal sebagai miliarder yang memilih hidup sederhana. Buffett tinggal di rumah yang sudah ia tempati sejak 1958. Ia juga memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca buku. (Vna/Ahm)

(red/ngga/eksa/AR)

loading...

Comments

comments!