Investasi Asing Sebesar Rp 97 Triliun Masuk ke Indonesia, Jusuf Kalla: Itu Potensi, Tapi Juga Bahaya

redaksi.co.id - Investasi Asing Sebesar Rp 97 Triliun Masuk ke Indonesia, Jusuf Kalla: Itu Potensi, Tapi Juga Bahaya Bank Indonesia (BI) mencatat sepanjang tahun 2016 ini...

34 0

redaksi.co.id – Investasi Asing Sebesar Rp 97 Triliun Masuk ke Indonesia, Jusuf Kalla: Itu Potensi, Tapi Juga Bahaya

Bank Indonesia (BI) mencatat sepanjang tahun 2016 ini investasi asing yang masuk ke Indonesia sebesar sekitar Rp 97 triliun.

Lalu, bagaimana pemerintah memaknai hal tersebut ?

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, menganggap para investor asing itu tertarik berinvestasi di Indonesia, karena iklim investasi yang baik danbunga menggiurkan sekitar 8 persen.

“Kalau beli bond (surat utang) di Amerika (Serikat) itu (bunganya) cuma nol persen,” ujarnya kepada wartawan, di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (12/7/2016).

Uang dari investor asing yang menurut BI jumlahnya mencapai sekitar 97 triliun itu, adalah potensi untuk mendongkrak perekonomian Indonesia.

“Dan itu bahaya juga, yield besar itu, kalau uangnya mengendap saja di Indonesia,” ujarnya.

Bila dana yang masuk tidak dimanfaatkan, justru Indonesia akan kesulitan membayar keuntungan para investor asing tersebut.

“Maka hati-hati juga uang besar yang masuk itu, yang penting uang yang masuk itu digunakan untuk perekonomian kita,” terangnya.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!