Detik-detik 10.000 Petir Menyambar Hong Kong

redaksi.co.id - Detik-detik 10.000 Petir Menyambar Hong Kong Lebih dari 10.000 petir menyambar kota Hong Kongselama akhir pekan lalu. Berdasarkan informasi dari Hong Kong Observatory, peristiwa...

55 0

redaksi.co.id – Detik-detik 10.000 Petir Menyambar Hong Kong

Lebih dari 10.000 petir menyambar kota Hong Kongselama akhir pekan lalu. Berdasarkan informasi dari Hong Kong Observatory, peristiwa yang terjadi pada 9 dan 10 Juli itu terjadi setelah suhu mencapai 37 derajat Celcius — temperatur terpanas setelah tahun 1968.

Dikutip dari DailyMail, Rabu (13/7/2016), Hong Kong Observatory sebelumnya telah mengeluarkan peringatan pada Sabtu, 9 Juli 2016, pukul 6.45 dan meminta warga untuk berlindung di tempat aman.

Seorang petugas Observatory, Tam Yee-ting mengatakan, jumlah petiryang menyambar Hong Kong sangat tinggi. Angka tersebut melebihi rekor pada Juli 2005, di mana terdapat 9.966 petir dalam kurun waktu 24 jam.

“Suhu tinggi pada Sabtu lalu membuat konveksi jadi lebih mudah, di mana udara hangat dari tanah naik dan menciptakan udara yang tak stabil (di atmosfer bagian atas),” ujar Tam.

“Hal tersebut menyediakan mekanisme terbentuknya hujan dan guntur,” imbuhnya.

Sambaran petiryang terjadi selama dua hari tersebut membuat warga merasa khawatir sekaligus heran.

“Badai di Hong Kong ini sangat gila. Hampir 10 menit petir terus menyambar,” ujar fotografer Jamie Pierre di Twitter.

“Hujan badai yang menerjang Hong Kong sangat menakjubkan, petirnya menyambar hampir konstan,” tulis James Griffiths.

Berikut video yang merekam detik-detik menegangkan tersebut, di mana langit wilayah di China selatan ‘dihiasi’ petir secara terus menerus:

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!