6 Cara Terbebas dari Jeratan Utang

redaksi.co.id - 6 Cara Terbebas dari Jeratan Utang Banyak yang berpikir terlilit utang merupakan hal buruk dan takut tidak bisa melunasinya. Sebenarnya ketakutan ini baik karena...

15 0

redaksi.co.id – 6 Cara Terbebas dari Jeratan Utang

Banyak yang berpikir terlilit utang merupakan hal buruk dan takut tidak bisa melunasinya. Sebenarnya ketakutan ini baik karena bisa membuat Anda tetap waspada agar tidak terjebak jeratan utang.

Namun banyak hal yang terjadi dengan cepat tanpa sempat Anda sadari, anda bisa mempersiapkan diri untuk berada di posisi sulit sekalipun. Jika sebelumnya anda tidak memiliki pemikiran yang baik untuk bertindak mengatasi masalah yang ada, maka inilah saatnya untuk merubah sikap dan kembali pada jalur yang tepat.

Jangan pernah takut, hal ini umum terjadi bagi semua orang dan anda bukanlah orang pertama maupun terakhir yang mencoba untuk terhindari diri dari utang. Banyak dari kita yang berhasil sukses mengatasi masalah serupa, lalu kenapa anda tidak bisa?

Dikutip dari Lifehack, Selasa (12/7/2016), berikut lima cara agar tak terjebak utang:

1. Buat rencana

Hal utama yang harus anda kerjakan adalah duduk dan pikirkan seberapa besar uang yang anda habiskan, lalu hitung berapa jumlah yang anda dapatkan, dan buatlah rencana berdasarkan angka-angka tersebut. Dari situ anda bisa melihat di mana anda bisa menyimpan uang anda hanya dengan melihat angka-angka tersebut.

Siapa yang tahu? Mungkin saja anda berlangganan akan sesuatu sejak dulu yang anda lupakan dan anda sadari bahwa sebenarnya barang tersebut tidak begitu berharga untuk anda, tapi sekarang uang langganan tersebut bisa anda gunakan untuk membayar utang bulanan anda. Jika anda memiliki anggaran yang tidak perlu, anda bisa menggunakannya sebagai penghasilan yang bisa anda gunakan untuk membayar utang per bulan.

2. Dahulukan membayar utang yang miliki nilai suku bunga tinggi

Jika anda memiliki kartu kredit atau bentuk tagihan lain yang memiliki nilai suku bunga lebih tinggi, anda harus membayarnya lebih dulu. Suku bunga akan terus meningkat jika tidak segera anda bayarkan dan akan semakin banyak pula anda kehilangan uang. Bayarlah sesegera mungkin dan tingkatkan nilai kredit anda agar finansial anda kembali normal.

3. Siapkan makanan sendiri

Salah satu langkah awal yang bisa digunakan adalah berhemat. Bukan berarti hal ini menyebabkan anda untuk tidak makan atau memaksa anda untuk memakan makanan yang tidak sehat. Ada saatnya anda harus memakan makanan padat, makanan sehat yang harganya lebih murah dibandingkan makanan siap saji.

Luangkan sedikit waktu untuk mempersiapkan makanan anda sendiri. Ketika anda membeli makanan setengah jadi, anda pasti akan dikenakan biaya jasa untuk menyiapkan bahan makanan anda. Mulai sekarang, kerjakan sendiri dan potong anggaran yang dirasa tidak perlu. Ada banyak pilihan menu masakan yang murah dan enak yang bisa dengan mudah anda temukan, dengan begitu perut anda tidak akan merasa kelaparan ketika anda sedang mencicil membayar utang.

4. Cari pekerjaan tambahan

Waktu merupakan sesuatu yang sulit dikejar, jika anda benar-benar merasa putus asa dan terburu-buru ingin melunasi utang, anda bisa mencari pekerjaan paruh waktu yang bisa menghasilkan uang tambahan ekstra. Selain penting untuk menabung, ini juga penting untuk mendapat penghasilan tambahan. Anda bisa melakukan ini dengan cara menggabungkan pekerjaan baru anda dengan pekerjaan anda sekarang dan bekerja lembur, atau anda bisa mengerjakan dua pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Semua yang bisa anda kerjakan akan sangat berarti untuk anda, terlebih lagi jika anda bisa mendapatkan pekerjaan di restoran, di mana anda juga mendapat makanan gratis di sana. Memang bukan makanan yang baru matang, tapi setidaknya merupakan makanan sehat yang bisa anda dapatkan secara gratis.

5. Jualah barang yang tidak anda butuhkan

Salah satu cara lain untuk mendapatkan uang secara cepat adalah dengan menjual beberapa barang anda. Banyak orang membeli banyak barang yang sebenarnya tidak benar-benar kita butuhkan di kehidupan kita. Hal ini bisa Anda jadikan peluang untuk melunasi utang anda dengan cara menjualnya.

6. Kembali dan tinggal-lah dengan orangtua anda

Jika Anda masih lajang dan belum memiliki keluarga, langkah baik yang bisa diambil adalah pulang kampung dan tinggal-lah dengan orangtua anda selama beberapa waktu. Hal ini bisa anda jadikan pilihan untuk menyimpan uang yang seharusnya dibayarkan untuk uang sewa rumah/kontrakan untuk kemudian ditabung. Orangtua anda pasti akan memberi anda makan setiap hari dan tidak ada yang salah dengan itu.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!