Tolak Evaluasi Macet Tol Brebes, Ini Alasan Kemenhub

redaksi.co.id - Tolak Evaluasi Macet Tol Brebes, Ini Alasan Kemenhub Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menolak memberikan pernyataan resmi terkait kisruh macet di exit Tol Brebes (Brexit) pada...

15 0

redaksi.co.id – Tolak Evaluasi Macet Tol Brebes, Ini Alasan Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menolak memberikan pernyataan resmi terkait kisruh macet di exit Tol Brebes (Brexit) pada masa mudik Lebaran pekan lalu. Meski didesak jurnalis, Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo terus menolak memberikan komentar. Saya rasa kami tak perlu beri pernyataan lagi karena sudah ada JK yang beri pernyataan resmi, ujar Sugihardjo pada konferensi pers mengenai evaluasi proses mudik Lebaran di gedung Kementerian Perhubungan, Rabu, 13 Juni 2016.

Pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla, menurutnya, sudah menjadi pernyataan resmi tertinggi pemerintah. “Pernyataan JK sudah mewakilkan pihak pemerintahan,” katanya. Dengan demikian, menurut Sugihardjo, tak tepat rasanya bila kementerian, yang notabene berada di bawah wakil presiden, harus mengeluarkan pernyataan lagi.”Itu kan sudah pernyataan RI 2, sudah yang paling tinggi. Jadi ya sudah,” kata Sugihardjo. Sugihardjo menegaskan bahwa tugas Kemenhub sekarang hanya tinggal mengevaluasi penyelenggaraan arus mudik dan arus balik 2016.

Ini dilakukan agar tahun-tahun mendatang tak lagi ada kemacetan maupun kecelakaan serupa. Awal pekan ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah menyatakan bahwa tak ada satu lembaga yang bertanggung jawab atas kemacetan yang terjadi selama arus mudik. “Tidak bisa disalahkan satu orang saja,” katanya. Kemacetan di Jalan Tol Brebes Timur terjadi dari H-5 hingga hari-H Lebaran. Antrean kendaraan mencapai 33 kilometer selama belasan jam mobil. Dilaporkan ada belasan pemudik yang meninggal akibat dehidrasi atau karena sakit namun terlambat memperoleh pertolongan.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!