6 Album K-Pop Terlaris Sepanjang Sejarah

redaksi.co.id - 6 Album K-Pop Terlaris Sepanjang Sejarah Angka penjualan album merupakan salah satu tolak ukur kesuksesan penyanyi. Makin tinggi penjualan album yang berhasil mereka raih,...

21 0

redaksi.co.id – 6 Album K-Pop Terlaris Sepanjang Sejarah

Angka penjualan album merupakan salah satu tolak ukur kesuksesan penyanyi. Makin tinggi penjualan album yang berhasil mereka raih, makin sukses pula mereka di dunia hiburan

Jika di Hollywood banyak penyanyi yang sanggup menembus angka penjualan album lebih dari satu juta dalam waktu singkat, maka lain halnya dengan industri musik K-Pop.

Meski musik Kpop mampu menembus jutaan pasang telinga penikmat musik di seluruh dunia. Namun, rupanya tak mudah bagi tiap-tiap grup K-Pop untuk mencapai angka penjualan album tinggi.

Dengan demikian, setiap grup yang mempu meraih angka penjualan album fantastis, mereka biasanya akan disegani, karena hal tersebt adalah salah satu alat ukur kredibilitas mereka di dunia musik.

Berikut adalah 6 grup K-Pop dengan penjualan album tertinggi sepanjang sejarah yang dirangkum dari situs KpopKfas.

Super Junor telah mengawali kariernya sejk tahun 2005. Sepanjang 11 tahun perjalanan kariernya mereka sudah meluncurkan delapan buah album studio Korea, satu album Jepang, dan 5 album live dari 5 konser yang berbeda.

Untuk album fisik sendiri, masing-masingnya mencapai angka penjualan lebih dari 300 hingga 500 ribuan. Sementara album

live mereka memiliki rata-rata penjualan 30 ribuan. Jika ditotal, Super Junior telah berhasil meraih 3,823,018 penjualan album sepanjang kariernya.

Girlband beranggotakan delapan orang, Girls’ Generation, debut pada tahun 2007, lewat album yang bertajuk Into the New World. Selama masa kariernya, grup yang juga dikenal dengan sebutan SNSD ini telah mengeluarkan lima album studio Korea, tiga album studio Jepang, dua live album Korea, dan dua album kompilasi Jepang.

Untuk album fisik Korean, masing-masing memiliki angka penjualan berkisar di angka 400 ribuan. Untuk live album mencapai angka 46 ribuan, sementara untuk album kompilasinya, pernah mencetak angka di atas 150 ribu.

Jika ditotal, Gils Generation memiliki total penjualan 4,399,486 sepanjang kariernya di dunia musik.

Boyband generasi pertama, GOD debut ditahun 1999. Lebih dari 15 tahun berkarier, GOD telah mengeluarkan sebanyak delapan album studio, dan satu album repackage.

Masing-masing album berhasil merebut pasar sebesar 40 hingga 500 ribuan keping album. hebatnya, di album ketiga dan keempat, GOD berhasil menembus angka penjualan di atas 1,5 juta. Jika diakumulasikan, GOD telah berhasil menjual 5,096,983 keping album.

Bisa dikatakan EXO adalah grup termuda di antara tiga grup yang telah disebutkan sebelumnya. Ya, EXO debut di tahun 2011, meski baru lima tahun berkarier, prestasi EXO dalam penjualan album terbilang cukup gemilang.

EXO telah mengeluarkan tiga album studio, empat extended plays dan satu buah live album. Album stidio EXO behasil memperoleh angka penjualan di kisaran angka lebih dari satu juta keping.

Untuk extended plays, EXO berhasil memperoleh kisaran angka 400 hingga 600 ribuan versi Korea, dan kisaran 50 ribu untuk versi Jepangnya. Sementara live album terjual dibawah angka 100 ribuan. Jika diakumulais EXO berhasil mencapai 5,441,744 sepanjang mereka berkarier. Hanya beda tipis memang dari GOD.

HOT mengawali kariernya di tahun 1996. Sayangnya, grup asuhan SM Entertainment ini hanya mampu aktif hingga lima tahun saja. Namun, meski jenjang kariernya singkat, HOT terbilang sangat berprestasi soal penjualan album.

Dari tahun 1996 hingga tahun 2001, HOT sudah merilis lima studio album dan tiga buah live album. Untuk studio album, HOT berhasil meraih rata-rata angka penjualan hingga lebih dari 1,2 juta keping. Sementara live albumnya meraih mpenjualan rata-rata lebih dari 100 ribuan.

JIka ditotal, selama lima tahun masa aktif, HOT telah berhasil menjual 7,024,903.

TVXQ bisa dibilang rajanya penjualan album fisik. Hingga kini belum ada yang bisa mengalahkan keberhasilan TVXQ untukurusan yang satu ini.

TVXQ telah memlai kariernya sejak tahun 2003. Selama itu mereka telah meluncurkan delapan stuio album Korea, juga delapan album studio Jepang.

Masing-masing penjualan album bsa mencapai angka di atas 500 ribu keping, belum lagi ditambah single-single Jepang mereka yang juga tak terhitung jumlahnya.

Jika diakumulasikan, TVXQ berhasil menduduku peringkat teratas melawan senior dan juniornya dengan pencapaian total 14,143,519 keping album. Setengahnya dari penjualan HOT. (Ufa)

(red/ahmat/dhy/urniawan/RAK)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!