Samuel Umtiti, Tembok Baru di Jantung Pertahanan Barcelona

redaksi.co.id - Samuel Umtiti, Tembok Baru di Jantung Pertahanan Barcelona Bek muda timnas Prancis dan OlympiqueLyon, SamuelUmtiti, menjadi pemain terbaru kedua yang direkrut Barcelonapada bursa transfer...

4 0

redaksi.co.id – Samuel Umtiti, Tembok Baru di Jantung Pertahanan Barcelona

Bek muda timnas Prancis dan OlympiqueLyon, SamuelUmtiti, menjadi pemain terbaru kedua yang direkrut Barcelonapada bursa transfer musim 2016-2017. Pemain berusia 22 tahun itu telah membuktikan kemampuannya bersama timnas Prancis pada ajang Piala Eropa 2016.

Umtiti dikontrak selama lima musim olehBarcelona. Blaugranaharus menebusnya dari Lyon seharga 25 juta euro (Rp 362 miliar). Rencananya, Umtiti akan tiba di Barcelona pada Kamis (14/7/2016) dan akan menjalani sesi foto.

Sehari berselang, pemain berusia 22 tahun itu akan menjalani tes medis dan membubuhkan tanda tangan di kontraknya. Lalu, dia akan secara resmi diperkenalkan kepada publik Camp Nou.

Umtiti melakoni debut di tim senior Lyon pada laga melawan Lyon Duchere (8/7/2016), Kala itu, dia bermain secara penuh dan membawa Lyon meraih kemenangan 3-1.

Enam hari berselang, Umtiti menjalani partai perdananya di Ligue 1 meawan Montpellier. Namun, debut Umtiti tak berakhir manis karena Lyon kalah 0-1. Dia tampil 18 kali di semua kompetisi pada musim pertamanya. Selama lima musim memperkuat Lyon, Umtiti tampil 170 kali dan menciptakan lima gol.

Cederanya bek Real Madrid, Raphael Varane, membawa berkah tersendiri bagi Umtiti. Dia masuk dalam 23 nama skuat Les Bleuspada ajang Piala Eropa 2016. Umtiti menjalani debutnya pada babak semifinal Pial Eropa 2016 melawan Islandia.

Dia tampil brilian dan membawa Les Bleus meraih kemenangan dengan skor 5-2. Setelahnya, Umtiti juga bermain penuh kala Prancis meraih kemenangan 2-0 pada babak semifinal melawan Jerman dan ketika kalah 0-1 di final melawan Portugal.

“Dia tahu, saya memiliki kepercayaan pada dirinya kendati di berada di usia muda. Dia kalem, sangat tenang. Saya tidak ragu akan sikap santunnya. Rekan setim telah membantunya. Dia memiliki mental yang tangguh dan karakter yang luar biasa,” ungkap pelatih Prancis, Didier Deschamps.

“Saya sudah tahu dia sejak dia di Olympique Lyon. Saya juga melihat bagaimana dia berlatih dengan kami dari hari pertama. Karena alasan itu, saya memanggil dia sebagai pemain reserve, lalu saya memasukkan dia di skuat resmi Piala Eropa 2016,” ia menambahkan.

Samuel Umtiti berposisi asli sebagai bek tengah. Namun, dia juga mampu beroperasi di posisi bek kiri. Dia tangguh dalam duel udara karena memiliki tinggi badan 181 cm. Tak hanya itu saja, Umtiti juga lihai dalam melepaskan tembakan bebas.

Mayoritas gol yang Umtiti cetak di Lyon lahir melalui sepakan dari jarak jauh. Meski masih muda, Umtiti juga beberapa kali dipercaya untuk mengenakan ban kapten.

“Ada beberapa pemain 30 tahun yang tidak dewasa dan Sam, dengan usianya 22 tahun, sungguh dewasa. Sungguh ini adalah hal yang luar biasa. Kualitas dan mentalnya tangguh untuk pemain seusianya,” tegas Deschamps.

Kehadiran SamuelUmtiti merupakan tambahan yang bagus dalam skuat Barca. Dia bisa bertandem dengan Gerard Pique di jantung pertahanan. Dengan demikian, Javier Mascherano bisa kembali ke posisi aslinya sebagai gelandang bertahan.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!