7 Cara Dongkrak Percaya Diri Saat Bekerja

redaksi.co.id - 7 Cara Dongkrak Percaya Diri Saat Bekerja Satu modal penting yang harus dimiliki agar mampu menjadi pegawai yang sukses adalah tingkat kepercayaan diri yang...

25 0

redaksi.co.id – 7 Cara Dongkrak Percaya Diri Saat Bekerja

Satu modal penting yang harus dimiliki agar mampu menjadi pegawai yang sukses adalah tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Dengan memiliki hal ini, setiap pekerjaan yang dilakukan dapat dikerjakan dengan lebih baik.

Tingkat percaya diri yang tinggi juga dapat membantu pegawai untuk memperlihatkan kemampuan terbaik yang ia miliki.

Walau begitu, banyak orang yang masih sulit untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam dirinya. Alhasil, mereka pun cenderung sulit mendapatkan karir yang cemerlang.

Dilansir dari laman Forbes, Kamis (14/7/2016), berikut 7 cara yang dilakukan agar tingkat percaya diri makin meningkat ketika bekerja:

1. Tahu tujuan

Setiap orang harus memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Mereka yang bulat akan tujuan hidupnya seringkali akan mampu menjalani hidup dengan lebih baik.

Untuk itu, cobalah untuk mengetahui tujuan hidup yang ingin Anda raih. Secara tidak langsung, hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri yang Anda miliki.

2. Berlatih di depan umum

Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan berlatih di depan umum. Anda bisa mencoba untuk berbicara di depan umum atau masuk ke pergaulan baru. Hal ini dapat mendorong Anda untuk bisa berkomunikasi dengan lebih baik.

3. Berbicara dengan jelas

Orang yang percaya diri berbicara dengan jelas setiap kali berbicara. Hal ini membuat mereka dapat menyampaikan pesan dan maksud ucapan dengan baik. Vokal yang lantang juga dapat menyiratkan Anda adalah seseorang dengan percaya diri yang tinggi.

4. Perhatikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh memegang peranan penting dalam komunikasi. Bahasa tubuh yang baik menyiratkan Anda merupakan orang yang optimis dan memiliki percaya diri yang tinggi. Cobalah untuk menggunakan bahasa tubuh yang baik ketika bekerja.

5. Sesuaikan kondisi

Jangan lupa untuk menyesuaikan kondisi diri Anda dengan lingkungan sekitar. Jangan sampai karena ingin berbaur dengan lingkungan sekitar Anda malah melakukan tindakan yang justru melanggar norma yang berlaku.

6. Menjadi otentik

Satu kunci untuk bisa meningkatkan kepercayaan dalam diri adalah dengan menjadi diri sendiri. Anda tidak perlu mencontoh perilaku yang dilakukan oleh orang lain.

Setiap orang memiliki kemampuan uniknya masing-masing. Mengingat hal ini dapat membuat Anda lebih percaya diri

7. Melepas pikiran negatif

Bagi orang yang tidak memiliki tingkat percaya diri yang tinggi, tekanan yang besar seringkali menghinggapi mereka. Mereka takut bahwa dirinya tidak cukup baik untuk mengerjakan pekerjaan yang ada.

Hal ini justru dapat menghambat diri Anda sendiri. Cobalah untuk melepas pikiran negatif tersebut, dengan begitu Anda pun bisa menjadi lebih tenang.(Vna/Ndw)

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!