5 Pekerjaan Rumah Tito Karnavian sebagai Kapolri Baru Versi PKS

redaksi.co.id - 5 Pekerjaan Rumah Tito Karnavian sebagai Kapolri Baru Versi PKS PolitikusPKS Aboe Bakar Alhabsy menganggap serah terima jabatan (sertijab) Kapolri Tito Karnavian sebagai bagian...

47 0

redaksi.co.id – 5 Pekerjaan Rumah Tito Karnavian sebagai Kapolri Baru Versi PKS

PolitikusPKS Aboe Bakar Alhabsy menganggap serah terima jabatan (sertijab) Kapolri Tito Karnavian sebagai bagian dari regenerasi tubuh kepolisian. Dia juga berterima kasih kepada Jenderal Badrodin Haiti yang telah menjalankan tugas dengan baik sebagai Kapolri.

“Kita tentunya menyampaikan terima kasih kepada Jenderal Badrodin Haiti yang telah menjalankan tugas dengan baik. Kemudian kita berikan dukungan kepada Jenderal Tito untuk melanjutkan estafet reformasi di tubuh Polri,” ujar Aboe dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Anggota Komisi III DPR ini menuturkan, setidaknya ada 5 pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh mantan Kapolda Papua itu. Yang pertama, kata Aboe, melanjutkan reformasi Polri secara menyeluruh dari hulu hingga hilir.

“Yang kedua menjaga soliditas Korps. Ini juga tugas yang tidak mudah, karena pengangkatan Pak Tito sebagai Kapolri telah melompati 5 angkatan. Akibatnya, banyak senior yang harus dikoordinasikan dalam struktur, sehingga solidaritas lembaga harus dikedepankan,” papar Aboe.

Lalu, lanjut dia, Tito juga harus mampu bersinergi dengan penegak hukum lain seperti kejaksaan, KPK, maupun pengadilan. Hal itu perlu dalam upaya penegakan hukum. Karena sinergitas para penegak hukum ini akan menentukan kualitas penegakan hukum di Indonesia.

“Yang keempat menjaga hubungan baik dengan TNI. Kapolri yang baru harus melakukan evaluasi agar bentrok antara TNI-Polri tidak terulang. Komunikasi antar-dua lembaga ini harus dijaga agar terjadi hubungan yang baik pada semua jenjang,” ujar politikus PKS ini.

Terakhir, ujarAboe, Tito juga harus menggenjot program penegakan hukum strategis, seperti penanganan narkoba, terorisme, dan separatisme.

Tito dilantik langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu 13 Juli 2016. Kemudian pagi ini, tongkat komando Kapolri akhirnya telah diserahkan ke Jenderal PolisiTito Karnavian oleh Jenderal Polisi Badrodin Haiti. Penyerahan itu dilakukan di Lapangan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!