Ini Gambar Pertama Jupiter dari Pesawat NASA Juno

105

redaksi.co.id – Ini Gambar Pertama Jupiter dari Pesawat NASA Juno

Setelah mendekatkan diri ke Jupiter dan menjadi satelit terdekat Jupiter dalam sejarah, pesawat penyelidik NASA, Juno, berhasil mengirim gambar planet itu ke bumi. Kamera cahaya pesawat penyelidik itu, dikenal sebagai JunoCam, dihidupkan enam hari setelah tiba di orbit Jupiter.

NASA mengatakan gambar pertama dari orbit diperoleh dari JunoCam pada 10 Juli pukul 1:30 pm ET, ketika pesawat ruang angkasa itu berada di posisi 2,7 juta mil (4,34 juta km) dari Jupiter pada orbit 53,5 harinya.

Gambar pertama yang dikirim dari Juno, memperlihatkan fitur atmosfer di planet itu, termasuk Great Red Spot, serta tiga dari empat bulan terbesar Jupiter: Io, Eropa dan Ganymede. “Adegan dari JunoCam ini menunjukkan pesawat itu selamat melalui lingkungan radiasi ekstrem Jupiter tanpa degradasi apapun dan siap untuk mengambil gambar Jupiter,” ujar Scott Bolton, peneliti utama dari Southwest Research Institute di San Antonio.

“Kami tidak sabar menunggu untuk melihat tampilan pertama kutub Jupiter.” Akan butuh beberapa minggu sampai NASA mendapat gambar resolusi tinggi Jupiter dari satelit itu. Yang pertama akan diambil pada 27 Agustus, ketika Juno berada pada posisi terdekat dengan planet ini.

Juno, yang merupakan penyelidik pertama yang mengorbit Jupiter sejak akhir misi Galileo pada tahun 2003, diperkirakan akan menemukan lebih banyak bulan yang mengorbit Jupiter selama misinya. MASHABLE | ERWIN Z

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

loading...

Comments

comments!