Kecelakaan Parah di Tour de France, Pembalap Berlari Menuju Finis

redaksi.co.id - Kecelakaan Parah di Tour de France, Pembalap Berlari Menuju Finis Etape ke-12 Tour de France berubah menjadi malapetaka, Jumat (15/7/2016) dinihari WIB. Chris Froome,...

25 0

redaksi.co.id – Kecelakaan Parah di Tour de France, Pembalap Berlari Menuju Finis

Etape ke-12 Tour de France berubah menjadi malapetaka, Jumat (15/7/2016) dinihari WIB. Chris Froome, pembalap asal Inggris, pemimpin klasemen umum alias pemegang jersey kuning pun terpaksa harus berlari meninggalkan sepedanya menuju finis.

Kecelakaan itu terjadi di trek pegunungan Mont Ventoux, sekitar 1 kilometer dari garis finis. Sebuah sepeda motor kameramen televisi, yang berada di depan pembalap tiba-tiba berhenti karena ramainya warga di pinggir jalan usai merayakan Hari Bastile.

Pembalap MC Racing Team, Ritchie Porte, yang tepat berada di belakangnya, langsung menabrak sepeda motor tersebut. Disusul oleh Bauke Mollema (TrekSegafredo), dan Froome di belakangnya. Sepeda mereka pun saling bertumpukan.

Froome yang berambisi memperlebar jarak dengan para rivalnya pun panik, karena sepedanya rusak berat. Froome sempat mencoba sepeda netral yang disediakan panitia. Namun karena tidak cocok, Froome memutuskan melanjutkan balap dengan berlari.

Froome baru kembali mengayuh sepeda, setelah support car Team Sky membawakan sepeda pengganti. Itu sepeda ketiga yang digunakan dalam etape ke-12.

Karena kejadian ini, Froome kehilangan banyak waktu. Alhasil, dia hanya mampu finis berada di luar 10 besar etape 12 yang berjarak 178 km dari Montpellier. Etape ini sendiri dimenangkan pembalap asal Belgia, Thomas De Gendt dari Tim Thomas LottoSoudal dengan catatan waktu 4 jam, 31 menit , 51 detik.

Akibatnya, Proome pun terlempar ke posisi keenam di klasemen umum. Posisi puncak diambil alih oleh Adam Yates, yang terhindar dari kecelakaan.

Namun, hasil ini kemudian diintervensi juri. Dengan alasan adanya kecelakaan dan situasi yang tak terkendali, juri memutuskan Froome tetap sebagai pemimpin klasemen umum, penyandang jersey kuning. Sementara Yates, di posisi kedua dengan selisih 47 detik.

“Still in the #YellowJersey #TD,” demikian Froome berkicau di akun Twitter-nya.

Yates, yang juga rekan senegara Froome, mengaku tak kecewa, juri membatalkan posisinya di puncak klasemen. “Saya tidak mau mendapatkan jersey kuning dengan cara seperti itu,” ujar pembalap berusia 23 tahun itu. “Saya ingin merebutnya dengan kaki saya, bukan dengan kecelakaan atau situasi yang buruk.”

10 Besar Klasemen Umum Tour de France 2016 Usai Etape Ke-12

1 Chris Froome (Inggris/Team Sky) 57 jam, 11 menit, 33 detik

2 Adam Yates (Inggris/Orica) + 47 detik

3 Bauke Mollema (Belanda/TrekSegafredo) + 56 detik

4 Nairo Quintana (Kolombia/Movistar) + 1 menit, 01 detik

5 Romain Bardet (Prancis/AG2R La Mondiale) + 1 menit, 15 detik

6 Alejandro Valverde (Spanyol/Movistar) + 1 menit, 39 detik

7 Tejay van Garderen (AS/BMC Racing) + 1 menit, 44 detik

8 Fabio Aru (Italia/Astana) + 1 menit, 54 detik

9 Daniel Martin (Irlandia/EtixxQuick-Step) + 1 menit, 56 detik

10 Joaquim Rodrguez (Spanyol/Katusha) + 2 menit, 11 detik

© Pembalap Team Sky, Chris Froome, memutuskan berlari usai mengalami kecelakaan di etape ke-12 Tour de… Chris Froome

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!